Friday, March 29, 2013

(Peng)Hiburan

Kenapa sih gue nggak bisa menghibur orang?

I mean, tiap kali ada orang yang lagi sedih, gue cuma bisa ngeliatin doang sambil mikirin gimana perasaan dia. Paling banter ngasih pukpuk. Yailah. Apalah artinya dua kali tepukan di pundak kalau orang yang dikasih pukpuk masih aja nangis ngejer?

Terus selain pukpuk gue juga suka ngasih kata "Semangat". Tapi sebenernya gue ngerasa kalau kata semangat itu agak useless juga. Kayak waktu pengambilan rapor semester 1. Nilai gue ancur, terus si Imam bilang, "Semangat, Del!" Gimana, ya? Gue dapet nilai jelek tapi disuruh semangat? Gue tau maksudnya si Imam itu baik. Cuma kan kalau reality-nya itu kan... Ya gituh. Mereka nggak tau (atau nggak akan pernah tau?) posisi kita itu lagi gimana. Terus juga pernah waktu bokapnya temen gue meninggal. Gue berduka, gue sedih. Gue cuma bisa bilang, "Yang tabah, ya" padahal gue tau hal semacem itu bakalan susah dilakuin, terutama kalau lagi di posisi dia.

Jadi, gue suka bingung kalau ada temen atau siapa gitu yang lagi kena musibah, atau lagi galau, desperate, pengen bunuh diri, gue mesti ngapain? Gue mesti bilang apa? Kalau gue diem aja, nanti dikiranya gue nggak peduli. Ngasih solusi? Nih yah. Berdasarkan pengalaman gue dicurhatin sama Milan, dia nggak dapet solusi bagus dari gue. Yang ada gue cuma ngelantur, nyuruh dia ngelakuin hal-hal ekstrem, dan dia kesel. Terus kita adu mulut. Terus Noval nyuruh kita berantem di lapangan. Akhirnya gue sama Milan berusaha menghabisi Noval sebelum dia turun jabatan jadi ketos.

Oke, balik ke topik. Ya itu dia. Kadang gue bisa ngasih solusi ke orang. Tapi... gimana, ya? Sebagai pemberi solusi, gue tuh cuma asal ngomong aja. Semisalnya si Nur Amelia yang waktu-waktu itu sering banget curhat sama gue. Gue kasihlah dia solusi. Tapi ya gitu. Gue cuma nanggepin masalah dia dengan "Yaudah, lo begini-begini aja!" atau "Ya elunya juga sih yang kayak begitu! Harusnya tuh lu begini-begini-begini!". Gitu-gitu doang -__-

Tentang penghiburan tadi. Iya, gue masih nggak tau harus ngasih kalimat apaan. Gue bukan penganut kata semangat. Kalaupun mau ngasih kalimat semacam "Tenang aja" atau apalah, gue cuma bisa via tulisan doang. Kalau ngomong langsung kayaknya aneh gitu. Tiap kali mau ngomong yang manis-manis gitu, yang bisa menentramkan hati orang, ujung-ujungnya malah ngelawak. Dan udah banyak korban yang kalau lagi nangis, bukannya gue tanya dengan nada sedih, gue malah "Dih, lu kenapa nangis? Kayak alay deh" dengan nada datar -___-

Jadi, buat kamu yang lagi butuh kekuatan, butuh motivasi, butuh pukpuk, butuh "cEmu9UdHh E4a, q4Qaa!", or whatever it is, I'm sorry cause I'm not a motivator. Aku cuma bisa ngasih sms yang isinya aja mesti aku pikirin sampe 10 menit sebelum aku kirim -___-v Plus pukpuk. Plus candaan. Plus waktu. Udah itu aja. Tapi ya kalau misalkan ada problem apa gitu, cerita aja. Gue udah menampung a thousand stories dari berbagai penjuru orang lho~ Daaannn... ada beberapa yang gue lupa -___-v Yaudah intinya begitu. Sekali lagi, hontou ni gomenasai. I can't fix you as well as you did to me a couple weeks ago. Hontou ni gomenasai :')

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall