Sunday, September 27, 2015

Cerita Malang: It's Just the Beginning

Ayo kita sistem kebut semalaaam!!!

Sampai mana kita? Oh iya, Bromo. Hm. Jadi kangen Bromo. Kangen angin paginya yang nampar banget kayak abis ditampar sama sahabat sendiri huhuhu. Pulang dari Bromo JELAS kita capek banget dan langsung mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita sambil nggak berhenti ngomongin semua kejadian kemarin. 

Sorenya, kita hubungin penyewaan mobil dan dapet satu mobil plus driver. Nah. Nah ini. Ini nih...


Besok paginya kita terpaksa pindah penginapan karena si Ibu salah liat tanggal, dan pada tanggal itu semua kamar di booking sama rombongan entah darimana. Dengan berat hati kita pindah ke kamar yang lebih kecil dan tanpa TV. Huh. Cedih. Sambil siap-siap ngepakin barang, sekalian siap-siap juga buat pergi ke destinasi selanjutnya yaitu pantay-pantay di Malang. Sekitar jam 9an kita udah ditunggu sama si driver yang kita hubungin kemarin. 

Namanya Rizki, atau panggilan gemesnya Kiki. Yang pertama nyambut dia adalah Listya, atau panggilan gemesnya Tya. Kiki dan Tya. Hm. Hm. Hm hm hm. Yaa jadi intinya si Tya langsung ngobrol sama si kak Kiki dan ternyata oh ternyata kak Kiki tinggal di Bekasi! Yah sebenernya sih nggak masalah ya dia mau tinggal di mana tapi berhubung di antara kita ada yang tinggal di Bekasi, dan hidupnya penuh caci dan maki seputar Bekasi, ya it's become something interesting. 

Kak Kiki bawa mobil... gue lupa. Pokoknya mobil kecil semacam Yaris-nya Tya. Seperti yang kita tahu kalau jalan-jalan naik mobil Tya itu kayak naik mobil badut. Nah ini juga sama. Di depan kak Kiki dan Ratih (kali ini Bekasi yang memimpin), dan di belakang ada gue, Nadhira, Dhila, dan Tya. Dan tak kusangka perjalanan ke pantai memakan waktu berjam-jam lamanya... 

Berhubung Tya adalah wanita agresif masa kini, jadilah dia yang banyak nanya ke kak Kiki. Kebetulan juga mereka sepantaran, which means kak Kiki udah selesai kuliah. Tya sibuk nanya-nanya soal temen-temen SMA-nya yang kuliah di Brawijaya. Oh iyaa, kak Kiki ini anak Brawijaya, jurusan... ku lupa. Pokoknya... ya itu deh. Duh maap udah malem jadi rada susah fokus. Terus ngobrol-ngobrol terus tentang Bekasi, tentang temennya Tya, tentang Dhila yang dulu tersuckity tapi sekarang ia sudah bahagia, tentang bagaimana caranya menghadapi cowok yang kurang ajar, pokoknya lumayan banyaklah. 

Anyway, tentang pantainya itself, itu lumayan jauh dari kota Malang. Plus akses jalannya sama kayak mau ke puncak gunung, kelok-kelok dan nanjak. Nggak kebayang kalau Tya yang bawa mobil, bisa-bisa kita semua ditinggal di tengah jalan terus Tya lari pake efek slow-motion gitu, rambutnya berkibar kena angin, pake kacamata item, terus mobilnya meledak. Duar. 

Warbyasah. 

Total perjalanan mungkin sekitar 2,5 jam. Pantai pertama yang kita kunjungin adalah Goa Cina. Pantainya bagus; ada air, ada pasir, ada lumut, ada batu. Pokoknya seperti pantai pada umumnya lah. Gue suka pantai seperti gue suka gunung (tapi tidak seperti aku suka kamu (heyaaa jenjet jreeeng (opening song-nya CSI Miami (maaf kalau nggak lucu))). Yang bikin gue seneng main di pantai itu sunlight-nya which is bagus buat gue foto-foto karena nggak perlu bingung-bingung cari penerangan, dan juga airnya. Siapa sih yang nggak suka main air? Daripada main api iya nggaaakkk. Walaupun kemarin nggak bisa nyebur tapi lumayanlah basah-basahin kaki dan celana (celana jeans maksudnya).

Knp sih mb.






Kelek bau tak masalah. Asal kau jadi milikku.

Selanjutnya kita... lapar. Sempat nyetok minuman dan sebungkus ciki buat di perjalanan. Untungnya pantai selanjutnya nggak terlalu jauh dari pantai pertama. Untungnya lagi ada kak Kiki yang tau jalan. Untungnya lagi ada Tya yang... nggak jadi deh.

Yang kedua namanya pantai Bengkung. "Kenapa namanya Bengkung kak?" tanya kita. "Soalnya pantainya bengkok gitu." Bengkok atau melengkung ya? Pokoknya semacam itulah. Pas di pintu masuk ada penjaga tiket, terus ditanya udah pernah ke sini belum. Kak Kiki bilang udah.

"Tau tempat foto-fotonya?"

"Iya, tau."

"Yang blah blah blah blah?"

"Yang di situ? Iya, udah tau."

Kak Kiki the best deh. Iya nggak Ty? Hkhkhk.

Kak Kiki (tampak belakang)

Ternyata spot foto yang dimaksud abang-abang dan kak Kiki tadi itu di atas tebing. Tebing. Te-bing. Namanya tebing pasti harus jalan nanjak. Dan itu medannya lumayan terjal ya. Gue aja hampir salah ngelangkah pas turun dari sana. Si Ratih malah hampir kepeleset ke bawah pas turun dan bikin Nadhira nangis. Hkhkhk. Jadi si Ratih ngomong, mending merosot aja tau turunnya. Nadhira geram lalu memarahi Ratih. Nggak lama ngomong gitu, si Ratih kepeleset di depan Nadhira. Nadhira sport jantung, si Ratih ketawa ngekek aja. Dasar Ratih keong racun.

Tapi ya walaupun naiknya susah dan penuh rintangan, akhirnya sampai juga di atas. Dan pemandangannya mashaa Allah, bagus men. Terus ada angin-angin pantai gitu aku suka deh. Karena waktu itu udah agak sore, mataharinya udah nggak terlalu mencolok. Malah ada foto yang gue ambil langitnya keliatan mendung. But it all worth.


Pose swag di atas tebing.


Itu dia kak Kiki yang pake kain di kepalanya.





Pulang dari sana kita lapar lagi. Akhirnya beli minum lagi dan beli ciki lagi. Nggak tau kenapa jajanan di sana nggak ada yang berat gitu kayak nasi bungkus atau nasi padang. Perjalanan pulang jauh lebih cepet dibanding perginya. Kak Kiki nawarin ke tempat oleh-oleh sekalian makan. Yauwis, kita mah iya aja. Di perjalanan ngobrol-ngobrol santai lagi tapi gue mulai rada lupa ngomongin apaan. Pokoknya waktu itu Tya nyetel lagu pake ipod-nya dia aja, terus kita nyanyi-nyanyi pelan sambil nikmatin angin sore.

Uh, jadi pengen dengerin Payung Teduh. Nggak nyambung sih tapi ya emang gitu kenyataannya.

Langit mulai gelap, matahari berganti bulan (ea). Kita udah turun dan udah nyampe di kota. Gue inget banget yang ini, waktu kak Kiki nanya mau ke tempat oleh-oleh dulu atau makan dulu.

"Kalau makan nanti kita belok ke kiri, kalau oleh-oleh masih lurus lagi." (atau sebaliknya, gue lupa bgt)

"Ng..." Kita bergumam-gumam nggak jelas. Sampai akhirnya Ratih bilang,

"Ayo cepet pilih mau yang mana, satu dua tiga--"

"Makan!"

"Yaudah makan dulu."

Lidah tidak bertulang tapi lambung tak kenal ampun. Akhirnya kita diajak makan di tempat yang dari awal udah diomongin sama kak Kiki. Namanya Begopa (maafkan aku nggak tau tulisan korea latin-nya). Semua yang denger (terutama yang K-Popers) ngira itu restoran Korea. Ratih setelah pulang dari Malang bilang kalau dia waktu itu udah ngebayangin makan makanan Korea yang enak-enak. Gue pribadi pas denger namanya gue kira itu... tempat makan (YA MASA SIH DEL). Gue nggak mikir apa-apa. Pokoknya pas kak Kiki bilang "Porsinya banyak banget, beneran deh. 30ribu langsung kenyang" gue udah kebayang sepiring nasi plus lauk yang porsinya gede banget. Awalnya sih pas denger rada ragu juga, karena takut nggak abis. Tapi setelah di perjalanan pulang, gue malah pengen buru-buru nyampe ke situ.

Tibalah kita di Begopa, restoran nax-nax muda dan gaul Malang. Jadi ini ya semacam restoran cozy-cozy yang bisa buat nongkrong gitu. Tempatnya buat gue terlalu kecil. Tapi teringat porsinya yang katanya besar, gue nggak mau meng-underestimate kan tempat ini. Kita nunggu sebentar dan sempet masuk waiting list karena waktu itu lagi rame (malem minggu pula). Nggak lama kita dipanggil. Pas liat menunya emang bener harganya 30an. Modelan makanannya kayak chicken cordon bleu, chicken apalah udah lupa namanya. Di situ ada menu nasi juga, yang tadinya mau gue pesen. Cuma sama si kak Kiki diwanti-wanti jangan mesen nasi karena porsinya banyak banget. Gue sempet nggak yakin dan pengen ngebuktiin bener apa nggak tapi nggak jadi. Akhirnya gue mesen... duh lupa. Pokoknya ayam tepung gitu sama kentang udah.

Sambil nunggu pesanan kita ngobrol-ngobrol sebentar. Lagi-lagi ngomongin Tya yang baru masuk kuliah bareng kita. Memang terkadang kita harus merelakan salah satu momen memalukan kita diomongin terus-terusan biar obrolan nggak berakhir. Terus Tya sempet nanya kak Kiki punya pacar apa nggak, nanyain path-nya kak Kiki, nanyain nama bapaknya, ibunya, kakeknya, tetangganya, kucing peliharaan tetangganya, dan tetek-bengek nggak penting lainnya. Hehehe nggak deng, Tya nggak nanyain yang gitu-gituan kok.

Duh gatel deh ih pengen ceritain semuanya tapi nanti ceritanya jadi kepanjangan. Hkhkhk.

Tenang mb Ty, aku tidak akan membuatmu baper seperti lelaki-lelaki itu. Salam metal.

Makanan datang dan yes kak Kiki bener, porsinya banyak. Nggak banyak, cuma gede. Ayamnya mungkin sebesar telapak tangan gue, kentangnya tebel-tebel. Tapi enaaakkk. Aku mau ke sana lagi biar gemuk. Hkhkhk.

Selanjutnya seperti janji kak Kiki, kita lanjut ke tempat oleh-oleh. Yang turun cuma gue, Dhira, Dhila, dan Ratih. Tya di mobil aja sama kak Kiki.

(((di mobil)))

Hkhkhk. Pas kita balik, Tya bilang kita diajak ke bukit paralayang sama kak Kiki. Waktu itu udah sekitar jam 9an. Hm, pikir kita, yaudahlah bablasin ae. Di Malang ini, bukan di Jakarta. Hahaha. Lagian ada kak Kiki lelaki tangguh yang siap mengantarkan kita ke sana. Sempet heran juga sih kak Kiki nggak pegel apa nyetir seharian pake mobil manual lagi, sama cewek-cewek berisik lagi. Tapi untungnya sih dia bilang nggak capek. Ya nggak tau ya dalem hatinya bilang apaan. Hkhkhk.

Bukit paralayang yang dimaksud adalah yang ada Omah Kayu-nya. Gue sempet masukkin itu ke list tempat yang mau didatengin di Malang tapi sampe sana nggak tau kenapa langsung lupa. Makanya pas diajakin ke sana langsung hayo aja.

Bukit paralayang. Hm. Harusnya dari namanya kita bisa membayangkan bagaimana rupanya tempat itu. Bukit. Hm. Bukit. Yang namanya bukit pastilah tinggi. Hm. Hm. Hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm hm.

Caution: jangan bawa anak orang yang abis seharian main di pantai ke sebuah puncak bukit malem-malem yang ternyata CUMA PAKAI KAOS TIPIS DAN SANDAL JEPIT sementara pengunjung lain pake jaket dan mantel dan sepatu.

JA-NGAN.

Unless lo udah empat tahun tinggal di Malang dan kulit lo udah kebal sama angin gunung kayak kak Kiki. Kita baru turun dari mobil udah kedinginan, naik ke atas langsung menggigil. Kak Kiki mah biasa aja pake kaos sama sandal juga kayak kita. Huh. Liatin, gue nanti ke sana lagi pake sarung doang sama kupluk. Liatin.

Lagi-lagi dibalik sesuatu yang buruk, ada juga bagusnya. View kota Malang dari atas situ bagus banget. Lampu-lampunya, anginnya, suasana malamnya. Ah, cuma kurang pacar doang ini mah. Beneran deh. Orang-orang yang duduk di pinggir tebingnya duduk berduaan dempetan sama pacar masing-masing. Gue? Alhamdulillah gue juga nggak kalah romantis dari mereka. Iya nggak, Tih?

Romansa Malang. Ea.



***

Perjalanan ke Malang ini bener-bener ngasih sesuatu yang beda ke diri gue. Ada satu hal yang nggak bisa gue ungkapin di sini but it's changed right after I went home from Malang. I hate changes, you guys know how I hate it. But this time, change is something that I need; to finally know that this universe is not as small as you think, and of course, to moving on. Emang sih, figuring out something nggak melulu harus dari perjalanan. Pas boker juga bisa kok. Malah gue seringnya pas boker.

You know, perjalanan adalah bagian dari pengalaman, dan pengalaman--seperti orang bijak bilang--adalah guru terbaik yang kita miliki. Semakin banyak perjalanan, mau sesingkat atau sejauh atau bahkan seburuk apapun itu, semakin kita mengerti tentang Semesta, tentang kelucuannya, dan yang terpenting,

tentang diri kita sendiri.

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall