Sunday, September 20, 2015

Cerita Malang: Bromo Poenya Tjerita

Hari pertama nyampe penginapan kita langsung nelepon kenalan temennya Tya yang punya penyewaan jeep. Setelah tanya sana-sini, nego harga juga, akhirnya sepakat tanggal 28 dini hari dijemput di penginapan. Pulang dari Jatim Park, beli camilan dan tolak angin (untuk menolak angin) dan air minum, terus langsung istirahat. Lumayan bisa tidur sekitar satu jam sebelum siap-siap berangkat tengah malem nanti.

"Happy birthday, Tya!"

Tanggal 28 pas banget ulang tahun Tya yang ke-** (dirahasiakan). Setelah salam-salaman kayak ibu-ibu pengajian, akhirnya kita bersiap berangkat dan udah dijemput sama Mas Irfan naik mobil avanza.

Awalnya di mobil rada hening gitu. Jalanan di luar juga sepi, cuma ada beberapa mobil dan truk. Akhirnya Mas Irfan memecah suasana dan kita mulai ngobrol-ngobrol. Menurut gue, supir yang berpengalaman adalah supir yang bawa mobilnya enak dan bisa membuka topik pembicaraan. Nggak kayak... ah, itu cerita nanti. Pokoknya kita ngobrol banyak sama Mas Irfan. Diceritain tentang Malang, dikasih jokes yang sebenernya nggak lucu-lucu amat tapi karena udah tengah malem apapun bisa terima. Mendekati setengah perjalanan mulai agak hening karena mungkin pada masih ngantuk juga. Gue melek terus dan ngeliatin jalanan yang sepiii banget. Ratih di depan juga nggak tidur. Ternyata dia mabok. Hkhkhk.


Setelah naik avanza, kita nanti bakal dijemput sama jeep-nya. Sekitar jam setengah 3 atau jam 3 gitu, kita nyampe di checkpoint, tempat nunggu jeep-nya. Nggak lama jeep-nya dateng dan kita langsung diserahin sama Mas Ocha, supir jeep kita. Sebelumnya gue, Dhila, dan Dhira beli sarung tangan dulu karena ternyata pas keluar mobil dinginnya udah lumayan nusuk seperti sahabat sejati yang tiba-tiba nusuk dari belakang. Pipis sebentar (di toilet, bukan di jeep) dan kita langsung berangkat ke atas.

Pertama kali liat Mas Ocha, gelap. Bukan, bukan orangnya yang gelap, tapi waktu itu lagi gelap nggak ada lampu. Tapi dari siluetnya gue percaya bahwa Mas Ocha lumayan ganteng. Dengan postur badan yang tinggi tegap, pake topi, sekilas mukanya kayak Bondan Winarno, maknyuuus. Nggak deng, Bondan Prakoso maksudnya. Kita berlima mulai liat-liatan dan sama-sama setuju kalau Mas Ocha ganteng.

Penting banget ya.

Tadi gue sempet bilang kalau Mas Irfan adalah tipe supir yang berpengalaman. Sementara Mas Ocha adalah tipe supir yang... bikin gemes penumpang. Bukan gemes karena dia lucu tapi gemes karena tolong dong Mas-nya kan supir ya kasih kita informasi kek tentang jalanan di sekitar sini, atau tentang Bromo-nya. Awalnya kita memaklumi saja. Mungkin Mas Ocha kalau jam segitu masih pendiem. Mungkin nunggu matahari terbit dulu baru bisa diajak ngobrol.

Poin #1 Tentang Mas Ocha: Pendiam.

Gue selalu ngebayangin yang namanya naik gunung itu kita bener-bener jalan kaki naik ke puncak gunung. Tapi katanya Bromo nggak terlalu nanjak banget dan nggak terlalu jauh juga. Oke. Gue tetep mempersiapkan mental dan fisik gue. Dan ternyata pas kita diturunin sama Mas Ocha di checkpoint kedua, tempat parkir para jeep, itu sebenernya udah nggak jauh dari penanjakannya. Wah ternyata nggak sejauh bayangan gue. Kalau begini enak banget ya. Nah di checkpoint itu ada banyak warung-warung gitu. Banyak wisatawan lokal dan bule yang lagi nyeruput teh atau makan mie.

Kita nggak mau kalah. Di depan warung kita ribut nyari perbekalan utama kita sebelum naik ke atas;

Tolak Angin Sidomuncul.

Pas turun di checkpoint kedua, itu udah mulai dingin beneran. Angin udah mulai berasa kencengnya. Makanya kita memutuskan untuk menolak angin-angin itu dengan tolak angin. Hkhkhk. Kapan-kapan gue mau bikin video iklan tolak angin di atas Bromo ah. Biar lebih berasa masuk anginnya (?)

Akhirnya perjalanan mendaki pun dimulai dan seperti yang gue bilang tadi, jalannya nggak jauh. Beberapa menit kemudian kita udah sampai di tempat view utama gunung Bromo. Tempatnya kayak panggung teater gitu, ada dudukan panjang ke atas tempat buat orang-orang menikmati sunrise. Waktu nyampe di atas masih agak sepi, tapi di pinggir pagar pembatas udah ada orang yang lagi nyetting kameranya. Karena anginnya dingin dan kenceng, gue dan teman-teman memilih untuk duduk di bangku aja, nungguin sunrise di situ.

Menggigil.



Nggak sampe lima menit orang-orang mulai berdatangan. Tukang dagang asongan mulai teriak-teriak nawarin segala macem perkakas anti kedinginan: sarung tangan, masker, jaket, selimut, bantal, guling, kasur, dan sebagainya. Gue yang tadinya mau nongkrong di pinggir pagar buat motret akhirnya keduluan sama fotografer lain yang kulitnya lebih tebal dan lebih tahan dingin dari gue. The gaes udah pada menggigil kedinginan. Kita sampe duduk pangku-pangkuan demi menghangatkan tubuh masing-masing. Bersyukurlah kita dateng berlimaan, peluk-pelukan bisa bikin anget. Coba yang dateng sama pacar, berdua doang, yah, nggak berasa angetnya! Rugi lo semua rugi! Dasar makhluk pengumbar kebahagiaan! Kalian pikir enak pelukan berdua doang? Rasain tuh angin gunung!

Maaf untuk emosi yang meledak-ledak. Marah sama iri emang suka beda tipis.

Sekitar jam 4 atau setengah 5 atau jam 5 gitu, sunrise mulai keliatan. Orang-orang mulai berkerumun di depan pagar, masing-masing nyari spot buat foto. Di sini gue sempet emosi sendiri karena tiap kali mau foto, SELALU ADA TONGSIS LAGI MELAMBAI-LAMBAI. Oke, gue akuin menggunakan tongsis cukup efisien buat ngejangkau foto yang tinggi. Tapi kzl aja posisi gue di belakang, kehalang sama kepala orang, mesti capek-capek angkat kamera, pas udah dikeker, nggak taunya di fotonya ada tongsis lewat. Ngehek. Gue dan Nadhira akhirnya berusaha nyari spot sendiri buat foto. Lagi asyik foto, gue ngeliat ada mbak-mbak berdiri di pinggir pagar bareng fotografer lain. Entah kenapa gue mempermasalahkan hal ini tapi DIA BERDIRI DI SITU BUKAN FOTO SUNRISE-NYA malah foto DIRI SENDIRI, DENGAN BACKGROUND SUNRISE. Terus pake segala foto-foto ucapan ulang tahun ditulis di kertas gitu lagi. Mb, asal mb tw y, tempat mb berdiri itu berharga bgt buat yang pengen motret momen sunrise. Duh mb plz mb tlg mb ngucapin ultah pake kertas di atas gunung itu udh terlalu mainstream mb. Aku ndak kuat liat mb lg cukuph ku ndak mw nambah dosa, mb.

Yah, walaupun begitu, masih ada beberapa foto yang cukup memuaskan hati lah. Nggak sia-sia ketampar angin, nyelip di badan orang, canggung ngeliat viewfinder karena yang ketangkep bukannya sunrise tapi malah pantat orang. Selama ini gue nggak pernah berjuang buat ngeliat sunrise sampai segitunya. Emang bener ya, berjuang untuk sesuatu yang berharga nggak semudah membalikkan telor ceplok. Harus kuat dan bisa bertahan untuk dapet ending bahagia.

Ea.

Habis Gelap Terbitlah Terang.

























Selfie with the birthday girl.



























Enakan liat langsung. Beneran deh.

Fifth Harmony lagi shooting MV Worth It.



Matahari pertama di umur 22. Ups. Kecelup.


We've finally made it to Bromo, Gaes.


Setelah puas dingin-dinginan dan foto di Bromo, kita langsung turun lagi ke tempat parkir jeep. Mas Ocha sudah menunggu dan siap berangkat. Hari sudah terang, dan muka Mas Ocha sekarang mulai terlihat. Ternyata ekspektasi kita agak ketinggian. Tapi Mas Ocha tetep lumayan kok. Masih mirip Bondan cuma nggak pake Prakoso. Heuheuheu. 

Poin #2 Tentang Mas Ocha: Ganteng kalau lagi gelap.

Di perjalanan kita ngomongin abis ini kita ke kawah Bromo-nya. Tiba-tiba Mas Ocha bilang rute kita dibalik, jadi ke Pasir Berbisik dulu, Bukit Teletubbies, abis itu baru ke kawah. Dia ngomong nggak jelas banget sumpah mana suara jeep-nya berisik kan. Ternyata kenapa rutenya dibalik karena nanti di Pasir Berbisik abunya naik, jadi berabu-abu (kan jadi nggak jelas gini kan kayak Mas Ocha).

Poin #3 Tentang Mas Ocha: Ngomongnya nggak jelas. 

Sepanjang perjalanan, jeep Mas Ocha full music. Tapi musiknya nggak jelas, gonta-ganti. Abis turun dari Bromo, kita dengerin lagu-lagu western lawas gitu, kayak Westlife dll. Abis itu di tengah jalan dia ganti sama lagu Judika yang nggak tau judulnya apaan tapi video klipnya di Pasir Berbisik. SEOLAH-OLAH KITA BAKAL KAGUM LIAT JUDIKA MAIN PASIR DI SANA. Tidak Mas Ocha, tidak. Sungguh kami tidak mengerti apa motifmu, Mas Ocha. 

Ritual wajib.

Mas Ocha dan jeep-nya dan lagu-lagunya yang impressive. 


#KicksInFrame

Duh gatel. Garuk ah.


Pose hwanjay ini diambil oleh Ratih.

Teman harus berguna satu sama lain.


Team Virgo.


Lagi asyik-asyik foto, tiba-tiba jeep-nya Mas Ocha muterin lagu happy birthday kenceng banget. Kita langsung ketawa ngakak sambil ngeledekkin Tya. Mungkin Mas Ocha pendiam, tapi dia bisa mendengar apa yang kita omongin selama di jeep. Kita sempet nyinggung-nyinggung soal Tya yang hari ini lagi ulang tahun. Gue nggak yakin Mas Ocha kebetulan nyetel lagu itu. Apalagi setelah tau kalau selera musiknya rada random. Ini pasti sudah direncanakannya sejak tadi! Tapi ini membuktikan bahwa Mas Ocha adalah tipe orang yang peka, diam-diam perhatian. Bener nggak, Ty? Seneng kan lu disetelin happy birthday sama Mas Ocha si Patung (panggilan sayang Tya ke Mas Ocha).

Poin #4 Tentang Mas Ocha: Diam-diam menghanyutkan.

Abis itu kita lanjut lagi ke destinasi selanjutnya yaitu Bukit Teletubbies. Turun dari jeep aku kagum liat hamparan bukit di sana. Walaupun lagi kering dan jadi cokelat-cokelat gitu, tapi tetep bagus. Gue berniat mau ke sana lagi pas bukitnya lagi ijo. Muehehehe.


CIAAATTT.



Bu Pejabat sedang melihat tanahnya yang kering.





Balik lagi ke jeep, Mas Ocha berulah lagi. Dia nyetel lagu dangdut. Tiba-tiba. Lagu dangdut. Out of nowhere. Gue jadi pengen bongkar playlist-nya karena dari tadi nggak ada yang konsisten.

Poin #5 Tentang Mas Ocha: Selera musiknya benar-benar random.

Sebenernya ada satu destinasi lagi yaitu kawah Bromo. Pas nyampe sana langsung ditawarin kuda buat nanjak ke atas. Waktu itu gue liat ke puncaknya kok kayaknya deket gitu. Makanya nolak naik kuda. Eh ternyata pas jalanan dari parkiran jeep lumayan jauh juga, belum nanjak ke atas. Emang kalau di gunung itu suka berhalusinasi gitu ya. Karena semua udah lelah karena sebelumnya udah pada jalan-jalan juga, akhirnya kita menyerah dan kembali ke tempat parkir sambil ngomongin si Mas Ocha.

Jadi, kenapa Mas Ocha terus-terusan di bully di post ini karena Tya seneng sama Mas Ocha awalnya. Tapi setelah sepanjang jalan Tya berusaha untuk ngobrol sama Mas Ocha, yang dia dapet cuma jawaban singkat lebih singkat dari pilihan ganda. Ini situasi yang sampai sekarang nggak bisa kita lupain.

Tya sengaja duduk di depan supaya bisa lebih dekat dengan Mas Ocha. Mulailah serangan pertanyaan dari Tya dan jawaban singkat dari Mas Ocha (plus medoknya).

"Mas umur berapa, Mas?"

"...ng, saya? Dua tiga."

"Oooh."

Di belakang kita cuma bisa ngakak diam-diam.

"Mas kerja atau kuliah?"

"Kerja."

"Oooh."

Masih menikmati tontonan awkward ini.

"Mas udah berapa lama bawa jeep?"

"Udah lima tahun."

"Oooh."

Hkhkhkhk. We feel very bad for Tya karena itu awkward sekaligus menyebalkan moment. Tya berasa kayak polisi investigator yang lagi nanyain psikopat. Mas Ocha juga datar-datar aja mukanya tiap ngomong. Makanya dia dipanggil Patung karena kerjaannya diem aja. Terus sempet juga pas kita lagi di mana gitu, kita diem-diem gosipin Mas Ocha dan sama-sama penasaran siapa nama panjangnya Mas Ocha? Apakah Ocha Septriasa? Atau Mirai Ocha? Atau Ichi Ocha? Hmmm. Apakah misteri ini akan terpecahkan? Kita lihat saja nanti.

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall