Friday, December 11, 2009

Saya Kreatif Lhoo

kita kembali ke saat gue lagi sekolah.

waktu itu pelajaran Seni Budaya, hari Jumat. kebetulan waktu itu gue dan kawan sepermainan disuruh menggambar di buku gambar. well, gue gak bawa buku gambar dan akhirnya minjem ke temen gue.

guru gue nyuruh gambar hewan berkaki empat. apa ajah asal bukan kartun. mulailah otak dan tangan gue bekerja.

temen temen gue yang laen udah punya ide. ada yang milih gambar singa, gajah, kucing, kelinci, dan sebagainya. tapi gak ada salah satu dari mereka bikin gambar tikus. padahal kan gampang bikin tikus. bikin 100 tikus ajah udah lumayan. hahaha.

kembali lagi.

gue belom mendapatkan ide yang bagus. akhirnya, gue mulai memilih kura kura. tapi gak tau kenapa gue kurang srek gambar kura kura. akhirnya gue hapus gambarnya.

karena terlalu bingung nyari ide, gue mulai ngelantur. gue gambar seekor rusa yang gue contek dari buku bahasa inggris. tapi, yang bikin ngelantur adalah gue ngegambar sambil berilustrasi.
gue membayangkan di dekat si rusa ada dua orang pemburu yang lagi ngobrol gak jelas.

awalnya temen temen di sekitar gue gak menghiraukan gue. tapi, karena makin lama gue makin aneh, mereka jadi prihatin.
tapi gue tetep ngegambar.

berbekal novel fantasi yang sering gue baca, gue menggambar goblin. sambil nyerocos panjang lebar nyeritain hewan hewan yang gue apus-gambar.

"lihat! si rusa berubah! ia menjadi... apa itu? seekor... goblin?! tidak! ia menjadi goblin! apa yang harus kita lakukan!?"

gue bersuara panik. temen gue yang di depan mulai heran.

terus gue apus tu goblin jadi naga. tapi bukan naga biasa. naganya itu punya sirip dan berkaki.

"oh, kau lihat itu? ada seekor naga! tapi... mukanya bukan naga! itu... naga jadi jadian!"

temen temen gue langsung ngakak denger gue berilustrasi.

"iyah! itu naga jadi jadian! lihat, masa naga punya sirip dan kaki? aku benar benar takjub melihat hewan ini."

gue lanjut lagi. gambar goblin yang raksasa. sebisa mungkin mukanya gue ancurin.

"itu! goblin itu jadi raksasa! tiiiddaaakkk!! aku takuuutt!!"

"kau diam saja! kau pikir aku tidak takut?! tunggu dulu. ia melihat ke arah kita!"

"tidak bodoh, dia ingin menyerang si naga!"

bosan dengan subjek naga, gue apus naganya dan mulai gambar hewan hewan kecil. seperti... waktu itu gue gambar apa yah? pokoknya gue gambar hewan kecil deh. terus gue ngelanjutin cerita gue.

"lihat, ada seekor hewan kecil. dia dalam bahaya! dia terlalu dekat dengan goblin raksasa!"

"kita harus menyelamatkan hewan itu!"

"kau gila, ya? kita bisa mati dimakan goblin raksasa itu!"

"benar juga. kalau begitu, kita lihat saja dari jauh."

pas lagi asik asik bikin ilustrasi cerita, guru gue mulai jalan jalan. dia udah mau ngelewatin bangku gue. langsung aja gue apus maha karya gue. huh. mengganggu saja bu guru. pas beliau lewat, gue langsung diem. sok sok mikir mau gambar apa lagi. untung gambarnya udah gue hapus. coba kalo belom? bisa bisa pas dia nyamperin meja gue, terus ngeliat gambar gue, dia bakal bilang gini : "Astagfirullah! kamu nyindir ibu, ya? iyah?"
wow. mengagumkan.

masih menggambar sambil nyerocos, temen temen gue mulai pada komentar.

"ini nih, gara gara keseringan baca novel. jadi begini deh."

"iyah. keseringan baca novel fantasi lu!"

thank you. thank you. gue cuma bisa nyengir kuda.

akhirnya acara menggambar bebas gue berakhir dengan adanya bel pulang. huh. padahal masih pengen gue lanjutin ceritanya. kalo di rumah kan udah gak asik lagi. tapi, ya sudahlah. ke-sedikit-tidak-warasan-gue ini harus dihentikan secepat mungkin. heuh. -_-

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall