Friday, February 4, 2011

Ongkos Adalah Hal yang Mutlak Buat Pelajar Macam Gue

ini kisah nyata. sekaligus tragedi. mohon jauhi adik-adik atau yang punya sepupu berumur 5 tahun ke bawah, tolong dijagain.

ehem.

jadi hari sabtu kemarin, gue pergi ke sekolah agak siang karena ada TO di sekolah. pelajaran pertama yang di TO-kan pagi itu adalah IPA. otomatis gue bawa-bawa buku rumus sambil gue baca-baca. begitu pula pas gue duduk di angkot.

udah seperempat jalan ke sekolah, tiba-tiba jantung gue mau copot. nggak, nggak keluar copot dari badan gue secara dramatis begitu. tapi gue bener-bener kaget--sekaligus panik.

gue. lupa. sama. sekali. bawa. ongkos.

ini adalah kali kedua gue lupa bawa uang sama sekali. tapi yang pertama, gue nyadarnya masih di deket-deket rumah. jadi waktu itu gue langsung turun lagi dan jalan ke rumah. tapi KALI INI, udah lumayan jauh banget. gue bingung, dan panik. di dalam angkot cuma ada cowok mas-mas dan anak SMP berbaju pramuka.

pikiran pertama yang terlintas di otak gue--dalam hal menyelamatkan diri gue dari panik--adalah bayar ongkos pake cokelat Galaxy. serius deh, pada saat itu gue beneran kepikiran buat bayar pake cokelat. tapi buru-buru gue hapus ide konyol itu. gue berusaha nyari-nyari di dalam tas gue, kali aja ada uang nyelip sedikit. ternyata, nihil.

gue bener-bener bingung. panik abis. satu ide gue yang bener adalah minjem uang ke anak SMP yang ada di dalam angkot itu. gue ngumpulin keberanian buat ngomong ke dia. yang gue takutin adalah 1) dia gak mau ngasih dan 2) uang jajannya gak cukup buat gue pinjem.

akhirnya, setelah mengumpulkan keberanian, gue panggil dia.

"Maaf, boleh pinjem uang, nggak?" tanya gue. dan gue sangat yakin pada saat itu muka gue bener-bener melas.

"Apa? Pulpen?" dia nggak nangkep apa yang gue omongin.

"Bukan. Pinjem uang. Uangku ketinggalan."

"Ooh. Berapa?"

waah! langsung nanya berapa. Alhamdulillah ya Allah. "Tiga ribu?" karena kebetulan gue ke sekolah dua kali naik angkot. kalau gue pinjem dua ribu, gak bakal cukup.

"Nih," kata dia sambil nyodorin uangnya.

gue berniat untuk mengganti uangnya. tapi gue masih nggak tau gimana caranya (dan ngomongnya).

"Kamu sekolah dimana?" padahal mah gue jelas-jelas udah tau dia pake baju pramuka begitu berarti sekolah di SMPN 4.

"Di SMP 4." tuh kan.

"Ooh." harusnya sih di saat itu gue tanya ke dia lebih lanjut tentang kelasnya, rumahnya, kalau emang gue mau gantiin uangnya. tapi gue bener-bener lagi blank. akhirnya gue mencoba untuk liat badge namanya. gue cuma bisa liat nama keduanya; Shidqia. tapi setelah gue liatin lebih lanjut, nama depannya kayaknya Niken. maka gue putuskan namanya Niken Shidqia N.

ehem. ini pernyataan terima kasih gue. personal.

"Kepada NIKEN SHIDQIA N, TERIMA KASIH BANYAK ATAS BANTUAN KAMU."

masalah kedua adalah bagaimana caranya gue ngembaliin uang dia? datang ke depan sekolahnya sambil nanyain setiap anak yang lewat, "Eh, kenal Niken Shidqia gak?" ? kok kayaknya nggak kreatif maksimal banget deh. atau nanya ke teman-teman gue yang kelas sembilan? belum tentu berhasil. bisa aja si Niken ini anak kelas tujuh, dan sementara teman-teman gue yang sekolah di sana kelas sembilan. gue bingung. gue pegangan.

akhirnya gue mencoba memanfaatkan kecanggihan teknologi (baca: jejaring sosial). gue berniat nyari namanya di Facebook, gue add, abis itu gue langsung tembok-tembok-an sama dia. teman gue si Nabil juga bilang begitu. akhirnya gue berniat pulang sekolah nanti gue buka Facebook, cari namanya, add, dan tembok-tembokan.

ternyata namanya ada di Facebook pas gue cari. tapi sayang, profile-nya di... di apa sih namanya kalau yang keluar cuma info-nya doang? semacam... ah sudahlah gue nggak tau. intinya begitu deh. nah, gue mulai rada panik nih. terus gue ingat tetangga gue ada yang sekolah di SMPN 4, kelas delapan. ah, mungkin aja tetangga gue ini kenal sama si Niken ini. gue cari nama tetangga gue di Facebook. ada. gue liat friends-nya. ADA! ADA NAMA SI NIKEN! ALHAMDULILLAAAHH!! gue langsung menarik kesimpulan bahwa tetangga gue ini kenal sama Niken! dan artinya gue bisa nitip uang ke tetangga gue ini! yay!

senin paginya, gue--ditemani nyokap karena gue nggak berani--ke rumah tetangga gue itu. pas dia keluar gue langsung nanya ke dia.

"Kenal sama yang namanya Niken Shidqia nggak?" gue nanya agak ragu-ragu.

"Niken? Temen sebangku itu mah!"

ALHAMDULILLAAAAAHHH!!

gue langsung nitipin uangnya tanpa basa-basi. fiuuhh, legaaaa.

pelajaran yang bisa dipetik dari kisah gue ini adalah: jangan lupa bawa ongkos. itu mutlak perlu kalau lo adalah pelajar yang pulang-pergi naik angkot. kalau perlu selipin berbagai macam uang di tas sekolah lo. jadi kalau lupa bawa ongkos, lo masih ada uang cadangan. hhh...

sekali lagi, terima kasih kepada Niken Shidqia, terima kasih kepada Allah yang udah menghadirkan Niken di angkot yang gue naikkin, sehingga gue bisa pinjam uang dan selamat sampai sekolah tanpa perlu jadi dendeng. fuuhh. terima kasih juga kepada Mark Zuckerberg karena situs yang ia buat membantu gue banget. seriuus.

tambahan. untungnya pas gue nyadar nggak bawa ongkos, gue nggak punya ide pura-pura mati layaknya hewan. ya, untungnya...

1 comment

  1. sumpah itu KONYOL abis
    oh ya sebagai teman yang baik gue selalu berdoa agar loe gak pernah lupa bawa ongkos lagi. AAMIIN

    ReplyDelete

© based on a true story.
Maira Gall