Wednesday, June 15, 2011

My Holiday Has Just Started: SOLO #2

episode sebelumnya...
Adella dan kazoku sedang dalam perjalanan liburan panjang ke luar kota. hari Kamis siang, mereka sudah sampai di Solo Kota Batik. namun, rencana yang sudah dibuat rapih ternyata harus mengalami perubahan. bagaimanakah kisahnya...?

dan itulah yang kamu lewatkan di... GLEE! *LHOO??!!!*

***

oke. ini kelanjutan dari kisah perjalanan gue di Solo, kota pertama yang gue kunjungin.
seperti yang kemarin udah gue jelaskan, rencananya kita mau langsung ke Tawangmangu. tapi sayangnya, barang bawaan nggak bisa dititip di bandara. akhirnya, demi kelancaran liburan dan demi kebahagiaan semua pihak, kita nyewa taksi. yes, taksi.

awalnya sih sebenarnya mau cari penginapan dulu gitu. tapi, setelah ngobrol sebentar sama supir taksinya, pak Bayan, kita sepakat untuk langsung ke Tawangmangu, abis itu ke Pasar Klewer, dan langsung kabur lagi ke Jogja. wow, men.
Solo hari itu cuacanya panas. yah, semacam di Tangerang deh. tapi rasanya beda aja. panas Tangerang itu panas kota, kalau di sana panas pedesaan gitu. ya sebenarnya sih Solo juga ada kotanya. tapi... lebih bagus aja gitu. jalanannya juga apalagi. kalau kata nyokap gue, jalanannya itu lumayan lebar, tapi kendaraan nggak bejubel. hhh... seandainya Jakarta begitu, yah.

di perjalanan mau ke Tawangmangu, kita sempat ngelewatin SMK Negeri Solo. yang pertama gue liat SMK 4. terus sebelahnya ada SMK 5. terus sebelahnya lagi ada SMK 6. pikir gue, ini enak amat sekolah dempetan begini. udah gitu di depan sekolahnya ada jalan setapak gitu, ya lumayan panjanglah. tapi enak aja gitu, bisa buat tempat duduk-duduk, terus adem pula banyak pohon. wuaahh, pengen deh Tangerang kayak gituuu. nggak bikin mall doang gituuu -___-V

Tawangmangu itu jauh. jauh dari prediksi gue. itu tuh semacam objek wisata air terjun gitu. dari tahun kemarin, gue udah searching-searching gicu di Mbah Google. kata Mbah, Tawangmangu itu... air terjun *hening* *info gak penting*

menurut informasi yang gue denger dari pak Bayan, bandara Solo itu letaknya di pinggir kota Solo. sedangkan Tawangmangu ada di pinggir ujung sana. ibaratnya kalau bandara barat, si Tawangmangu ini selatannya gitu *wetsah. jadi yaa kita mesti ngelewatin kota Solonya dulu, baru deh naik ke Tawangmangu.

di jalan mau ke Karanganyar, gue mulai merasakan udara-udara dingin menusuk tulang. gue liat ke jendela daerah kota udah berubah jadi daerah pedesaan. kanan-kiri sawah. depan-belakang asoy *eh. intinya, gue merasa kita udah deket sama Tawangmangu karena udara di mobil udah dingin.

ternyata prediksi gue melenceng.
udaranya dingin gara-gara AC mobil. kefret.

di daerah Karanganyar (kurang lebih, karena gue kurang tau), kita istirahat dulu sebentar. nyari tempat makan asoy yang ada di sekitar situ. pak Bayan ngusulin untuk makan di Jimbaran. tapi waktu itu dia ngomongnya bukan Jimbaran. pokoknya depannya P gitu deh -__-

di Jimbaran, udah pasti makan. dan ternyata tempatnya itu sepiiiii sekaleeee. pas gue dateng yang lagi makan cuma beberapa orang doang dalam satu meja. tapi tempatnya enak lhoo. udaranya juga BENERAN dingin. bukan dari AC mobil atau AC ruangan yaa. hehehe.


makananannya wuenaaak. harganya... MURAH ABIS! gileee, gue takjub deh sama daerah-daerah Jawa. makanannya pasti murah-murah. menu mah sama kayak di Tangerang atau Jakarta. tapi pokokkee wuenak pooolll pooolll pooolll *kelelep*

selesai makan, solat, dan bercanda ria (yang menghabiskan waktu hampir satu setengah jam, menurut pak Bayan) perjalanan dilanjutkan.
ternyata Tawangmangu masih jauh. sekitar 1 jam perjalanan dari rumah makan tadi. dan gue shock. karena apa? karena ternyata jalanan ke Tawangmangu itu lebih serem dari Puncak Bandung.

berkelok-kelok. naik. belok-belok. naik. jalanan satu arah.
otomatis gue langsung gigitin jari sambil ngeliat ke jendela depan. dag-dig-dug-jeger deh. gue paling serem kalau pergi naik-naik begini. apalagi kalau ada bis lewat dari arah lain ...

WUAAAA!!!

oke. lebay.

ke-parno-an gue ini ditambah lagi dengan gaya nyetir si pak Bayan. men, sekedar info, beliau ini kalau gue liat dari wajahnya, umurnya udah... ya kepala empat ke atas lebih deh. TAPI CARA NYETIRNYE bikin sport jantung! gue perhatiin, dia demen banget nyalip mobil di depannya. tapi setelah gue perhatiin lebih dalam lagi, pak Bayan kalau nyalip mobil itu... sopan. ngerti nggak gimana sopannya? gini lho. jadi setiap mau nyalip, dia ngasih tanda gitu ke mobil di depan. terus abis itu langsung tancap gas.
yah, bagus sih. cuma kan tetep ajaaa...

jam 2 lebih kita baru sampe Tawangmangu. cuma dikasih waktu sama pak Bayan satu setengah jam, karena memang kita masih ada perjalanan jauh ke Jogja. oke, there we were, Tawangmangu yang...

wow.

ralat, super WOW.

kalian tau kenapa? karena 1) jalanan ke air terjunnya menurun, berupa tangga-tangga gitu dan 2) kalau pergi turun, itu berarti pulangnya naik, dan itu berarti PEGAL-PEGAL SUDAH MENANTI DI UJUNG SANA!

dan bener aja. pulang-pulang betis langsung sakit. oh kambings.


Sang Petualang... *eh


Asyik yaa yang makan. Ciee.





LIHAT! BETAPA NGELEDEKNYA KALIMAT DI FOTO INI!? what the hell, men. kita udah capek-capek naik-turun tangga, eh tau-tau disambut pake kalimat, "SELAMAT ANDA TELAH TURUN DAN MENAIKI 1250 ANAK TANGGA. SEMOGA TAMBAH SEHAT DAN SUKSES."

SEMOGA NENEK MOYANG LO! BETIS GUE PEGEL NEEHH!

eh, tapi berhubung itu doa, jadi... Aaammiinn... -____-

pulang dari situ, masih dengan sedikit emosi membara dan rasa sakit di kaki, kita langsung jalan lagi ke Pasar Klewer. well, sayangnya kita telat. jam-jam ramenya pasar sekitar siang gitu. sedangkan kita sampe sana udah sore. akhirnya cuma lewatin doang dewh.

Solo ini kan kota batik. kayaknya nggak sreg ya kalau nggak beli batik? yeah, kita mampir ke toko batik bernama Batik Beteng. isinya nggak cuma baju batik sih. ada kerajinan juga, pernak-pernik, dan aksesoris. gue beli jam meja dari batok kelapa dengan harga murah. sama sekalian beli kalung buat koleksi. yang beli baju cuma kakak dan bokap. itupun bukan batik. hehehe.

selesai dari situ, langsung kabur ke Jogja. udah malem. jalanan serem. gelap. pokoknya bikin nggak bisa tidur, deh -..-

FINALLY, JOGJAAA!

tapi cerita Jogja di post selanjutnya, yuaa! ihikihikihik.

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall