Saturday, July 2, 2011

Balada Mau Masuk SMA

yoo. Adella balik lagi. 

ehem. di pagi yang cerah ini, gue kebetulan pengen curhat. kebetulan juga curhatnya (mungkin) mewakili perasaan kawan-kawan seperjuangan gue di Tangerang, terutama yang lagi mau masuk SMA. dan inilah curahan hati gue...

#DearDiary ...
gue udah lulus. lulus SMP, sih. yah sebagai anak keren nan unyu, gue langsung memilih untuk melanjutkan pendidikan gue ke jenjang yang lebih "wah"; SMA. 
kenapa SMA? kenapa bukan SMK? well, sebenernya banyak di antara kawan-kawan terdekat gue (baca: teman sekelas) yang memilih SMK. iya, SMK memang diyakini sebagai salah satu sekolah yang kalau nanti lo udah lulus, bisa langsung kerja. tapi... gue masih pengen kuliah, men. buat gue, kuliah itu keren (entah empat tahun kemudian, gue akan menarik kembali kalimat gue tadi). dan lagipula, kalaupun gue berminat di SMK, mau di SMK mana gue? di Tangerang, SMK ada... 8 atau 9 gitu. dan semua jurusannya nggak ada yang gue minatin banget. beberapa temen gue ada yang ngusulin gue buat ngambil jurusan Multi Media. hm, oke, emang bener gue sering nongkrong di depan komputer. tapi ya tetep aja gue kayaknya nggak sreg gitu. uhukuhukuhuk.

karena gue akan melanjutkan ke SMA, otomatis ada daftar-mendaftar toh? kalau waktu jaman gue masuk SMP nyokap yang ngurusin. sekarang juga sama. tapi untuk sekarang... Allah memberikan cobaan... *backsong: Ebiet G Ade - Berita Kepada Kawan*

awal ceritanya dimulai ketika hari kedua gue mendaftar...
jauh-jauh hari, nyokap udah ngerencanain untuk daftar hari kedua. yah kalau katanya sih strategi masuk SMA. jadi kalau kita daftar hari kedua, kita bisa mantau yang daftar hari pertama. jadi kita bisa ngambil keputusan yang lebih matang gitu. well, gue ikutin aja.

hari pertama PSB Online Tangerang dibuka. tapi nggak bisa dibuka. gue udah mulai rada-rada kesel gitu. di Twitter rame ngomongin PSB yang nggak bisa dibuka. gue juga sempet protes sih di Twitter. yah namanya juga anak semi-gaul. ehehehe.
ternyata, pas Maghrib bisa dibuka. jeng-jeng... keren semua nilainya. temen SD gue si Bintang ada di urutan nomor satu di SMAN 1. dia itu temen SD gue lhoo. gue kenal dia lhoo. dia kenal gue juga lhoo. asal lo tau aja yaa lhoo. intinya begitu. pokoknya udah banyak deh yang daftar.

besok paginya, gue sempet buka lagi PSB. kebetulan kan gue pengen di SMAN 2, makanya gue pantau-pantau gitu SMAN 2. terakhir gue liat juru kuncinya (baca: yang di urutan paling bawah) NEM-nya 34,25. wow. udah 34 aja. tadinya nyokap pengen nyuruh gue ganti pilihan gitu. tapi yah, gue tetep milih pilihan pertamanya 2. siapa tau nyempil gitu. ihikihikihik.

si Temulawak mulai resah. pas gue di perjalanan mau daftar, dia sms gue. dia juga mau di 2. malahan jauh sebelum pendaftaran, kita udah ber-ekspektasi kalau kita bisa satu sekolah. ternyata, ekspektasi terbang jauh dari realita.
akhirnya dia milih 7. yah, nggak apalah. setidaknya deket tukang tahu sumedang yang jaman SD itu *apazeh.

finally, daftar. gue daftar ke SMAN 6. udah agak sepi, sih. soalnya kan gue pergi abis dzuhur. langsung daftar dan... agak-agak ada sedikit keganjalan di hati siih *etsah*. cobaan gitulah istilahnya.
yang pertama, angkotnya nge-tem. lama. gue dan nyokap udah nggak sabaran. yang kedua, pas nyampe di ruang pendaftaran, diem. nggak diem, maksud gue nungguin yang mau daftar juga. eh, pas udah kosong, baru dibilangin buat ngambil formulir. secara enaknya ya, kan bisa ya pas gue nunggu yang lain daftar itu, dibilangin dulu gitu buat ngambil formulir. setidaknya kan nggak buang-buang waktu. akhirnya ambil formulir dulu. yang ketiga, gue lupa ngasih tau nyokap buat bawa map kuning. ngek. gue bener-bener lupa. akhirnya dengan rada kesel, gue ke depan beli map kuning. balik lagi, akhirnya udah didaftarin. tapi pas daftar, panitianya bilang besok gue mesti dateng lagi buat nuker formulir. okelah kalau beg-beg-beg-beg-beg-beggrrr.

besoknya gue ke SMAN 6. sendirian. sekitar jam 9-an gue ke sana. pas nyampe... jleb. rame. pas dateng gue tanya ke si Niken, ini ngantre apaan. ternyata ngantre nomor yang formulir kemaren. gue liat nomor gue A038. yang baru dipanggil... A016. jleb again. bayangan gue waktu itu, "Ah, sebentar lagi kali. Kan cuma nuker formulir doang. Yaudah tungguin aja dewh." ternyata bayangan gue kandas. itu yang dipanggil lama banget you know. gue nyampe sana sekitar jam... 9 lewat gitulah. sampe jam 10, baru sampe nomor 20. wa to the duh. akhirnya gue cabut. mending ngambil besok aja deh -..-

formulir udah dituker, selesai. tinggal nunggu hasil.

sebagai anak semi-gaul, gue so pasti mantaunya via online. tapi sayangnyaaaaa PSB Online-nya error. macam nggak update gitu. yang daftar hari kedua dan hari ketiga belum masuk-masuk namanya. ah, mengecewakan sekali, men. kalian tau kan internet itu memudahkan hidup kita. dalam hal ini, kita nggak usah H2C nungguin hasil akhir dan mesti ke sekolah buat liat kita keterima dimana. tapi yang ada, situsnya nggak update. yah, mungkin yang masukkin datanya capek kali, ya ngurusin yang daftar. yah, mungkin.

sampe hari jumat, nggak ada perubahan. akhirnya PSB Online-nya ngasih pengumuman hasil seleksi akhirnya itu besok sabtu. hh...
sabtunya... nama gue nggak ada dimana-mana. di 2 nggak ada (udah nggak mampu juga NEM gue). yang bikin heran, di 3 nama gue nggak ada. padahal NEM terendahnya 34,30. sedangkan gue 34,45. berarti masih bisa masuk dong gue? di 7 juga nggak ada. lagipula 7 gue juga nggak bisa NEM-nya. akhirnya gue coba-coba nyari temen-temen gue yang daftar hari kedua. ada semua. si Niken udah masuk juga namanya.

tiba-tiba, gue inget si Temulawak. pas gue liat 7 kan dia nggak ada. gue coba inget-inget lagi pilihan keduanya apa. gue klik SMAN 4. pas gue cari namanya ada. wah, akhirnya masuk 4 juga dia. tapi pas gue liat agak ke bawah...

LHO KOK ADA NAMA GUWEEHH???

seriusan ada nama gue! gue shock. gue langsung masang tampang "Kok elo kayak bekantan, seh?". nyokap gue juga kaget. kenapa gue bisa nyasar ke situ...?

gue langsung Googling SMAN 4 dimana. masalahnya, kalau emang lumayan deket dari rumah, bisa gue terima deh (walaupun tetep aja gue harus nanya ada apa dengan pilihan gue ini). pas gue liat... Jalan Padasuka, Pabuaran. mampus aja gue kalau beneran keterima di situ. JAUH WARAS! akhirnya nyokap dan gue langsung ke SMAN 6 buat komplain.

sampe sana, rame. rame banget. gue udah kasian aja sama nyokap, takut kenapa-kenapa. udah tanya sana-sini soal masalah gue yang salah masuk sekolah, disuruh sama salah satu panitia ke Puspem, tepatnya ke KomInfo-nya. gue... sempet rada bingung. tapi katanya di sana yang ngeluarin hasilnya gitu. nyokap langsung ke sana. eh iya, pas di jalan, gue sempet ngebayangin. Menteri KomInfo-nya kan Tifatul Sembiring. gue ngebayangin ngaduin masalah gue ke oom Tifatul. oke gue tau gue sinting. gue tau itu random banget. tapi yah you know lah orang kalau lagi panik pikirannya bisa melayang sampe ke dunia lain. pas sampe rumah, gue tambah ekstrem lagi. gue ngomong, "Oh, bilangin Tifatul Sembiring aja. Mention aja deh orangnya di Twitter." esumpah, cangak men. kakak gue sama nyokap ngakak. tapi setengah otak gue mengatakan itu masuk akal. sayangnya nggak jadi ngadu ke oom Tifatul Sembiring. Alhamdulillah otak gue yang setengah lagi menang...

akhirnya pulang lagi ke rumah. nyokap curhat sama kakaknya a.k.a uwa gue. dikasih solusi dan bla... bla... bla...
gue sempet mikir. mungkin aja gue ini ketuker. kan pas gue liat di SMAN 6 pilihan gue 4, 6, 14 (sumpah jauh banget dari pilihan gue). kali aja ada juga anak lain yang sebenernya pilihannya itu, tapi ketuker sama pilihan gue. MASALAHNYAAA anak ini siaaapaaa? gue bingung. nyokap bingung. tukang bakso lewat juga bingung, kenapa dia harus ikutan bingung padahal dia nggak mesti ikutan gue dan nyokap bingung? ini membingungkan.

setelah berunding, makan, sholat, dan melepas stres (baca: ekskresi), gue dan nyokap balik lagi ke SMAN 6. penasaran karena mungkin aja ada yang pilihannya 2, 3, 7.

sesampainya aku dan ibuku di sanaaa... gue langsung ke papan pengumuman hasil akhir. gue cariin tuh siapa yang pilihannya 2, 3, 7. hasilnya: nihil. tak deu satu pun yang pilihannya ituu. ah. akhirnya nyokap datengin panitia yang ngurusin pendaftaran kemaren. gue nunggu di luar sambil mules. tadi siang anginnya kenceng dan dingin banget. gue bawaannya mules mulu <-- curhat sebentar.

lima menitan sampe 10 menitan, nyokap keluar. katanya udah diurusin sama orangnya. intinya, gue emang masuk di SMAN 3 (ALHAMDULILLAAAH!). gue senang, nyokap senang, abang tukang bakso lewat senang. haaaaa.

gue yakin, cerita gue di atas itu cobaan. dan... gue seketika lupa gimana sikap gue dalam mengatasi cobaan ini. mudah-mudahan sih bagus. hehehe.

anyway, congratulations buat yang masuk SMAN pilihannyaaa. buat yang nggak masuk negeri, tetep belajar yang rajin yuaa. setidaknya jangan terbawa suasana yaa (?) pokoknya selamat buat kalian semuaaa! *cium-peluk-ketekkin*

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall