Friday, April 11, 2014

What Will George Do?

Kalian tau film The Art of Getting By? Yang main Freddie Highmore, FYI. Itu adalah salah satu film terfavorit dan termotivasi sepanjang 18 tahun perjalanan hidup gue. Mungkin buat kelian-kelian ini film biasa aja. Cuma cerita anak males yang akhirnya bisa nyelesaiin tugas-tugas sekolahnya. Tapi buat gue, film ini punya arti yang cukup dalam, ditambah beberapa kejadian yang menimpa George yang agaknya mirip-mirip gitu deh sama gue. 

Oke, buat yang belum tau ceritanya, gue ceritain sedikit ya. Berawal dari seorang George si senior SMA yang belum lulus-lulus. Dia penyendiri, nggak punya temen. Sampe suatu hari datanglah si Sally yang akhirnya jadi temen dia. George itu pemales banget. Banget-banget-an. Dia nggak pernah ngerjain tugas, nggak pernah merhatiin guru di kelas. Buku pelajarannya cuma diisi gambar ilustrasi yang dia buat. Iya, jadi si George ini anak seni. Skip skip skip. Ada satu momen puncak di mana si George dikecewain sama si Sally (ya si George ini suka sama si Sally). Sally pergi sama orang yang dikagumin George. Akhirnya George desperate. Hidupnya kembali kayak dulu lagi, males-malesan, sendirian, ngejauh dari si Sally. Sampai suatu ketika, orang tuanya lagi ada masalah. Nyokap-nya sedih. George yang ngeliat ini jadi ikutan sedih. Apalagi dia belum lulus-lulus. Akhirnya dengan semangat yang entah datangnya darimana, George mulai nyelesaiin semua tugas-tugas sekolahnya sebagai syarat dia bisa lulus SMA. 

Kenapa film ini berkesan buat gue? Pertama, malesnya George hampir sama kayak gue. Tapi nggak separah dia juga. Pokoknya mirip-miriplah. Kedua, nasib si George sama si Sally. Emang kampret tuh si Sally. Seenak udel mencampakkan si George. Nggak tau apa kalau si George suka banget sama Sally? Huh. Ketiga, saat terpuruknya George. Tanpa bermaksud menyamakan ya, tapi gue juga begitu kalau putus asa. Ngapa-ngapain rasanya enggan banget. Bawaannya pengen tiduran aja, dengerin musik kenceng-kenceng, memutar-ulang semua kejadian yang menimpa gue, tapi nggak berusaha mencari solusinya. Ugh. Keempat, semangat bangkitnya George. Sebut gue lebay tapi setiap gue mulai males, atau tiba-tiba ada hal menyebalkan yang dateng ke gue, gue selalu mengingat adegan di mana si George langsung ngerjain tugas-tugasnya siang dan malem. Iya emang lebay banget, tapi dengan begitu setidaknya gue bisa sedikit lebih bersemangat. 



What I'm trying to say is, sebenernya nggak ada. Gue cuma pengen berbagi film aja. Hehehe. Nggak juga sih. Kebetulan aja gue lagi berada di titik lembah. Makanya gue nulis postingan ini supaya gue nggak jatuh makin dalem. Selain itu juga gue udah sampe di titik puncak masa SMA kok. Apalagi yang mesti disesalkan? Gue justru harus menikmati every single moment menuju kebebasan. Sebentar lagi semuanya bakal selesai. Sebentar lagi semuanya bakal hilang. Momen ini nggak boleh rusak. Ini momen yang udah gue tunggu selama 3 bulan lebih. Gue inget banget 3 bulan yang lalu, gue memasrahkan diri gue dengan bilang, "Sabar, Del. Tiga bulan lagi kok". Dan ternyata, voila! udah tinggal 3 hari lagi. It's always amazing how time flies so fast. 

So you can call me an apatis karena sikap gue yang kayak gini, yang menunggu-nunggu untuk berpisah. I a hundred percent admit it. Gue memang sangat-sangat ingin berpisah dengan semua yang ada di SMA. Gue harus membenahi hidup gue. Karena di SMA udah kelewat jauh telatnya, maka setelah luluslah waktu yang tepat. Dan bukan berarti gue nggak akan kangen masa-masa SMA. Taruhan sama gue, gue pasti kangen. Entah pada saat apa tapi gue pasti kangen. Tapi mohon maaf, untuk saat ini gue bener-bener seneng bisa pergi dari tempat yang pada satu masa pengen gue sebut tempat terindah tapi pada masa lain pengen gue sebut tempat terkutuk. Yah, that's life. We should moving on. Bukan moving on yang biasa dipake anak-anak muda kalau abis putus. Moving on versi gue, mencapai tujuan yang selama ini nggak bisa kita raih karena kita terlalu lama berada di sarang yang sama. It's time for us to fly away, menjadi lebih baik, tapi tanpa sedikitpun melupakan sarang lama. Gelay banget deh ih omongan gue. Gini nih kalau lagi terpuruk pasti ada aja kata-kata jijay-nya yang keluar. Yaaah pokoknya intinya gitu deh. Kalian pasti ngerti tanpa perlu gue kasih tau. 


Ditulis dengan semangat George Zinavoy, bersama sekaleng Tebs, serta otak yang sejenak tidak memikirkan hal buruk yang baru saja datang menghampiri. 

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall