Saturday, August 9, 2014

Ta-ngerang Maka Ta-sayang

Sebelumnya maaf nih kalau-kalau Bapak wali kota Tangerang, lagi iseng-iseng googling pake keyword 'Tangerang' terus muncul postingan saya yang ini, yang dari judulnya udah aneh banget. Tenang, Pak. Ini bukan postingan tentang betapa jelek dan panas dan alaynya kota yang Bapak pimpin. Tapi ini lebih kepada orang-orang terbaik yang saya pilihkan untuk Bapak, yang sebentar lagi akan meninggalkan kota Tangerang demi menggapai cita dan asa mereka. Bukan, mereka bukan finalis AFI yang selalu menuju puncak gemilang cahaya mengukir cita seindah asa, bukan. Mereka adalah, sahabat, kerabat, saudara, serta orang terkasih yang sampai saat ini masih dipercaya Tuhan untuk menemani saya. 

Mereka sudah lulus semua, Pak. Mereka lulus dengan membanggakan. Dan dalam waktu dekat ini, mereka akan segera meninggalkan Tangerang, merantau demi pendidikan. Bapak mau saya sebutin satu per satu? Uhm... oke deh. Tapi Bapak harus kasih komentar ya, atau nggak isi chatbox saya deh. Itu tuh, yang kotak ada nama terus ada pesan singkatnya gitu. Coba Bapak tanya anak Bapak geh yang jago blogging. Pasti tau deh mesti nulis di mana. 

Ya, jadi gini, Pak. Delapan kampret yang pernah saya ceritain itu, ternyata mereka dapet univ di luar kota semua, Pak. Ada yang di Bandung, Surabaya, Depok, satu lagi udah nyasar duluan Pak ke Malaysia jadi tukang masak. Aduh, Pak. Pas tadi saya tau mereka semua mau merantau ke luar kota, beuh... saya seneng sekaligus sedih, Pak. Saya seneng bisa punya temen yang ada di luar kota, karena dalam bayangan saya, nanti mereka bakal punya cerita menarik gitu buat saya. Saya ini pendengar yang baik Pak, btw. Nah tadi aja temen saya udah punya cerita katanya temen se-asramanya ada yang dari timur dan kalau ngomong pake 'ngana'. Bapak tau apa itu ngana? Ngana itu kalau mulut Bapak dibuka lebar-lebar tuh, nah itu ngana. 

Ndak lucu, ya? 

Ehem. Ya jadi gitu, Pak. Terus ada lagi temen SMP saya, Pak. Temen se-tim-Jerman saya, Pak. Walaupun dia demennya sama Ozil dan saya demen Klose, tapi nggak masalah sih. Dia keterima di ISI, Pak. Ih. Saya dulu pengen banget Pak masuk ISI. Saya udah ngebayangin kuliah di Jogja, terus ke acara-acara seni gitu, terus temen-temen saya rambutnya gondrong liar gitu beuh... Eh tapi nggak jadi. Tapi saya seneng Pak, seenggaknya temen saya itu mewakili jiwa seni saya, Pak. Bapak pasti nggak ngerti Pak maksud saya apaan. 

Adik saya juga di luar kota, Pak. Eh, bukan adik kandung sih. Adik bohongan tapi beneran. Dia di Bandung, Pak. Jurusan Kimia lagi. Idiiih. Saya dengernya aja udah pengen boker, Pak. Bisaan ya dia, masih kuat gitu lho belajar unsur-unsur yang kalau kita masak aja nggak bakal dipikirin, Pak. Heran saya, Pak. Bapak heran juga? Saya heran, Bapak heran, hidup heran! 

Yang lainnya masih di sekitar Tangerang, Pak. Kayak saya. Saya nanti merantaunya naik angkutan umum teromantis setelah kereta, Pak; bus! Gila, romantis nggak tuh? Walaupun temen-temen saya pada nyuruh saya buat siap-siap bersabar ngadepin macetnya Jakarta, tapi ya nggak apalah. Ada banyak jalan menuju kenikmatan (kok agak aneh ya denger kalimatnya...) Kalau di film-film kan suka ada kejadian-kejadian unik yang terjadi di jalanan ya, Pak. Pastinya itu bisa jadi hiburan buat saya, Pak. Eh Bapak suka nonton film nggak? Atau Bapak masih suka nonton di Metos 21? Lebih baik Bapak nonton di CBD aja, walaupun film-nya 11-13 sama Metos, tapi seenggaknya istri dan anak-anak Bapak bisa sekalian belanja dan bermain juga, Pak. Ibu saya aja seneng Pak belanja di sana. 

Btw, Pak, kok saya jadi kayak nulis surat gini ya? Coba Bapak bikin "Lomba Menulis Surat untuk Wali Kota", pasti saya menang nih. Ya maaf ya, Pak saya jadi curhat gini. Abisnya saya ditinggalin gini Pak di Tangerang. Eeeh bukannya saya nggak suka Tangerang! Saya su...... oke saya nggak suka Tangerang. Tangerang itu menurut saya adalah sumber utama  munculnya banyak singkatan nggak jelas, Pak. Kayak... kayak apa ya saya lupa pokoknya ada deh banyak. Saya juga nggak suka Tangerang karena namanya agak membingungkan. Namanya Tangerang, tapi orang-orang suka bilangnya Tanggerang. Kan bingung, Pak. Lagi kenapa mesti ada -ng-nya sih Pak, kan ribet. 

Eh tapi Bapak jangan bersedih hati dulu! Karena pada akhirnya saya seneng Pak di Tangerang. Begitu banyak alasan kenapa saya seneng tinggal di sini sampe saya nggak bisa nulisnya karena saya takut nanti ini bakalan berakhir jadi postingan yang sedih dan sok bijak dan sok tegar lagi. Ah, reputasi saya sebagai blogger yang humoris semakin pudar, Pak! Sudah lama saya nggak mosting sesuatu yang berbau komedi. Saya pengen sisi komedi saya kembali muncul, Pak. Tolong, jangan paksa saya, Pak. Oke? Oke. 

Karena jam di kamar saya udah mau menunjukkan pukul 12 malam, dan besok pagi saya harus nemenin Ibu saya ke kondangan saudara, saya akhiri postingan ini dengan rekomendasi lagu dari sayaaa! Hahaha! Entah kenapa saya seneng banget cuma mau rekomendasiin lagu doang. Well, ini lagu yang bakal cocok banget dan pas buat para anak rantau yang tiba-tiba kangen rumah. Gue (maaf Pak Wali Kota, pegel ngomong pake 'saya') pertama kali denger lagu ini masih biasa aja. Tapi setelah tau cerita dibalik penulisan lagu ini, entah kenapa langsung lebih mendalami dan berakhir dengan nyanyi sambil nangis. Hahaha. Coba deh kalian dengerin ya, ini akustiknya akustik beneran kok, bukan yang kayak Payung Teduh, bukan. Oh iya judulnya ya. Judulnya Di Beranda by Banda Neira. Iya nih, gue lagi seneng banget dengerin lagu-lagu mereka. Enak aja gitu lagunya, simple, tapi kata-katanya boljug (boleh juga, elah pada nggak gaul amat sih lu). Dengerin yaaa. Awas kalau nggak dengerin, anak kalian nanti gue kutuk jadi suka baca blog gue. Buahahaha. Auf wiedersehen!

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall