Sunday, September 14, 2014

Teriak Aja "ALLOWA!"

Tadi pagi gue baca koran (YES, BABY, YES, I'M READING A NEWSPAPER) dan ada berita tentang orang tua mahasiswa di sebuah univ di Lampung menolak acara malam keakraban bertema "Sabtu Ceria". Kayak semacam penutupan acara Ospek gitu mungkin ya. Si orang tua minta rektor univ itu buat nggak ngizinin acara itu karena sebelum-sebelumnya, selama Ospek, diduga ada kekerasan gitu dari seniornya. Akhirnya acara itu dibatalin karena seharusnya setelah Ospek nggak ada kegiatan apa-apa lagi. 

Anyway, karena udah nyinggung soal Ospek, let me tell you a long story about how my whole two weeks going.  

***

Matrikulasi Bahasa Inggris.
Dari pas daftar ulang, udah dikasih tuh sama ibu-ibu PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) kalau tanggal 30 Agustus ada tes matrikulasi Bahasa Inggris. Gue masih inget banget waktu daftar ulang sama si Ibu, udah selesai ngurusin semua berkasnya, gue disuruh ngambil almet di basement. Karena waktu daftar ulang pengumuman SBMPTN belum keluar, dalam hati gue dengan pedenya bilang, "Dih ngambil almetnya masa sekarang sih? Entar kan gue dapet di UI." HAHAHA. Najis sumpah sombong banget gue. Hahaha. 

Finally, tanggal 30 tiba and that means gue nggak lolos SBM (untung nggak jadi ngomong "Almetnya harus diambil sekarang? Entar kalau saya dapet PTN gimana, Bu?" ke Ibunya. Bisa abis diledekkin gue). Gue berangkat ke sana dianter Nyokap. Seperti yang diberitakan di berita-berita, halte transjakarta Masjid Agung kebakar. Dan ternyata nggak cuma gue doang yang dirugikan karena haltenya kebakar. Pas pulang, gue liat ada banyak maba yang kebingungan mesti naik apaan. Kalau gue waktu itu sempet berharap ada bus yang langsung ke arah Kalideres atau Grogol. Tapi ternyata setelah nunggu sekian lamanya, yang lewat cuma Kopaja 19 Ragunan-Tanah Abang. Akhirnya gue balik lagi naik tangga, naik Kopaja 19 itu ke arah Blok M, turun di Blok M, terus naik transjakarta deh. 

Malemnya, hasil matrikulasinya udah keluar dan ternyata itu semacam soal Toefl gitu. Pas gue buka, nilai gue 490 (dari batas nilai 450 buat lulus). Kebetulan waktu itu Bokap lagi nelepon. Ya gue kasih tau aja gue lulus. Ngasih taunya nggak cuma ngasih tau biasa gitu. Tapi dengan sombongnya gue bilang gue lulus. Hahaha. Besok malemnya, gue buka Twitter @/kursusbahasaUAI dan di situ mereka bilang buat yang nggak lulus wajib ikut belajar selama seminggu, sedangkan yang udah lulus boleh/nggak boleh ikut. Dan ada satu informasi lagi yang bikin hening; ternyata final test-nya tanggal 6 dan final test itu yang nilainya beneran diambil. 

Final test. 

Final test.

Tanggal 6.

Nilai yang kemaren yang 490 nggak berlaku. 

TERUS NGAPAIN GUE NYOMBONG-NYOMBONG KE BOKAP KALAU GUE UDAH LULUS?!

Hatiku langsung mencelos, Saudara-Saudara. 

(((JUMAWA)))


Seminggu Coba-Coba.
Karena si Admin bilang kalau yang udah lulus mending ikutan belajar supaya nilainya bisa lebih tinggi lagi, akhirnya gue datenglah hari Senin. Waktu itu gue naik transjakarta pagi-pagi, sekitar jam 6. Satu hal yang gue pelajari dari ngantre transjakarta di antrean perempuan adalah: perempuan lebih galak kalau rebutan masuk dibandingkan cowok-cowok. Ini serius demi apapun gue ngalamin. Waktu itu kan gue ngantre agak di depan, di pinggir pintu. Pas busnya udah dateng, pintu udah dibuka, gue lagsung kedorong ke pinggir! Masya Allah, mereka kuat-kuat banget lebih kuat dari kuli keknya. Akhirnya gue mencoba menerobos ke barisan tengah, tapi ternyata nggak semudah itu karena posisinya itu semua orang yang di depan pintu pengen merangsek masuk. Ngerti nggak? Jadi yang di depan tuh berjejer mepet-mepet gitu, tapi semuanya pengen masuk duluan. Ya kan logikanya nggak bakalan bisa masuklah ya. Tapi tetep nggak ada yang mau ngalah. Nah ini nih yang suka bikin gue geli dan bete sekaligus. Gue ngertilah para mb-mb ini pengen dapet tempat duduk karena perjalanan lumayan jauh dan kalau berdiri lumayan pegel juga (gue udah ngalamin dan sedikit nyesel), tapi santai dan sabar ajalah. Woles mb, woleees. Hahaha. Susah deh kalau gen-nya gen woles gini. But instead of all those annoying things, kalian luar angkasa, mb-mb! Kalian benar-benar perempuan tangguh! Hidup perempuan!

Oh iya, gue nyampe kampus jam setengah 9, telat setengah jam. Huahaha. Emang bener-bener ya kalau hari Senin tuh di mana-mana udah pasti macet. Hih. Serem banget. Dulu gue ngerasain Ciledug macet udah bete banget. Apalagi ini Jakarta, Jakarta Pusat lagi. Hiiiyyy.

Nyampe di kampus, yah ternyata belajar Bahasa Inggris. Maksud gue ya belajar kayak di sekolah gitu. Nggak lama gue langsung ngantuk dan pengen buru-buru pulang. Eh sempet kenalan juga sama temen sebelah gue, anak Psikologi. Uhm... nggak perlu diceritain deh. Kapan-kapan aja gue ceritain......kalau inget. Ehehehe hehehe hehe he... 

Pulangnya nyoba naik bus AC34 Blok M-Poris Plawad. Enak sih naik bus itu, gue tidur pules banget sepanjang jalan. Bayarnya 7k. Tapi ternyata dituruninnya di Islamic yang mau ke Lippo itu. Jadinya mesti naik angkot lagi dua kali. Ribet, capek, muter-muter dulu. Nyokap gue langsung bilang nggak usah naik yang itu, kejauhan muter-muternya. Jadinya besok-besok naik transjakarta terus. Oh sampe hari Sabtu-nya nyoba naik kereta sama Nyokap. Naik kereta dari Poris jam setengah 7, transit di Duri, naik lagi yang ke Sudirman. Wah cepet banget! Adem pula di dalem keretanya. Nyampe Sudirman masih lumayan pagi (karena waktu itu hari Sabtu juga). Eh by the way, stasiun Sudirman bagus lho. Ada Indomaret sama Roti'O-nya. Hahaha. Mungkin karena di Sudirman banyak orang-orang kantoran, jadi fasilitasnya ya lumayanlah. Akhirnya sampe sekarang gue naik kereta terus deh. Di samping cepet dan adem, kereta lebih nyaman dan aman menurut gue. Walaupun berdiri, tapi masih agak lega gitu. Nggak kayak di transjakarta yang udah berdiri, sempit, kalau ngerem mesti pasrahin badan sama orang di sebelah kita (eh bukan gue yang suka kayak gitu, bukan).

The Art of Naik Kereta.


"Osma itu penyakit yang sesak napas itu kan?"
Itu asma -___- Osma ini singkatan dari Orientasi Studi Mahasiswa. Ya istilah pasarnya mah Ospek. Osma diadain selama empat hari, dari Selasa sampai Jumat kemarin. Sebelumnya udah dikasih tau rundown acara selama Osma. Dan pas gue baca... 

Oh

My

Honey-bunny-sweetie.

Acaranya cuma pemberian materi doang. Seriusan, gue nggak bohong. Datengnya biasalah pagi-pagi, terus langsung pemberian materi sampe tengah hari, ishoma, abis itu motivasi, terus pulang. Udah. Awalnya gue rada nggak setuju karena kalau nggak ada yang ribet-ribet kayaknya kurang greget. Tapi gue amat-sangat-teramat-banget menarik kembali ucapan gue karena jujur aja gue nggak bisa ngebayangin apa jadinya kalau Osma-nya disuruh bawa ini-itu, pake ini-itu sementara rumah gue nun jauh di pinggiran kota Jakarta. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak rektor, dekan-dekan, dan dosen-dosen yang entah siapa di antara kalian yang melarang Osma yang ribet-ribet, pokoknya terima kasih! Karena dari informasi yang gue dapet, tahun ini emang beda banget dari tahun-tahun sebelumnya. Ada yang cerita katanya tahun sebelumnya disuruh dateng jam 5/6, terus disuruh bikin ini-itu, kakak-kakaknya galak-galak (ah ini sih sodah beasaaahhh). Tapi tahun ini beda, kita cuma tinggal duduk manis di auditorium yang dinginnyaaa masya Allah, terus dengerin materi yang bikin ngantuk, udah gitu doang tuh empat hari. 

Ah tapi emang dasar negara tradisi, kayaknya nggak afdol gitu kalau nggak ada galak-galakan. Akhirnya pas hari kedua, para senior seketika jadi... uhm... apa ya sebutan yang enak? Uhm... ya pokoknya jadi berubah deh kek Saras 008. Hahaha. Gila gue kaget pas dateng jam 7, loh kok ini pada teriak-teriak gini, terus gue disuruh cepet-cepet jalannya (sampe ngos-ngosan banget, udah nggak kuat lari-larian. Faktor usia kali ya?). Waktu hari Rabu itu jadwal pertamanya kan salat Dhuha di masjid, yang lagi nggak salat stay di lapangan. Gue stay kan. Terus tiba-tiba ada senior yang meriksain tas-tas anak-anaknya! Kalau yang cowok diambil rokok dan koreknya. Temen sekelompok gue ada yang pas balik nyariin rokoknya di tas. Terus dia bilang, "Sama korek-koreknya lagi!" Terus ada juga yang lagi halangan, tasnya pas diperiksa ada notebook atau tablet gitu gue nggak tau. Eh sama kakak yang galak ditanyain, "Siapa yang bawa? Emangnya ada yang nyuruh bawa?" dengan tatapan sinis. Hahaha gue pengen ngakak banget waktu itu. Anak-anak lain pada bilang dengan lirih-lirih tetangga, "Kakaknya jadi galak." Sedangkan gue bilang dengan cengar-cengir nggak jelas, "Kakaknye jadi galak ye? Huahaha."

Di hari yang sama juga, hari Rabu, menjelang jam pulang, ada insiden kecil gitu. Waktu itu salah satu mentor (sebutan buat panitianya) ke depan dan ngomong dengan lantangnya tentang apa gitu gue lupa. Terus tiba-tiba ada yang angkat tangan dan teriak "Interupsi!". Setelah gue cari, ternyata dari kelompok gue sendiri! Terus dia berdiri dan bilang,

"Saya cuma mau memberi saran untuk para mentor untuk menggunakan bahasa yang sopan dan baku, karena waktu itu saya pernah melihat dan mendengar ada mentor yang menggunakan bahasa gue-lo dan bahasa kasar. Menurut saya itu blah... blah... blah..."

Gue lupa dia ngomong apaan lagi karena pas dia ngomong gitu ruang audit langsung riuh sama tepuk tangan dan sorak-sorai dari para maba. Gue juga dengan excited-nya ngasih applause ke dia meskipun di sisi lain gue nggak begitu sependapat sama dia. Menurut gue kalau senior ngomong pake gue-lo itu sah-sah aja sih, KECUALI ngomong kasar seperti begok, tolol, goblok, dan sebagainya. Kalau yang itu gue nggak setuju banget dan menentang keras (ceilah). Ya tapi opini orang beda-beda. Gue memberi dia applause karena keberanian dia angkat tangan, teriak interupsi, dan ngomong dengan lantang apa yang mengganggu hati dia. Gue boro-boro bisa kek gitu. Mau angkat tangan aja udah keburu deg-deg-an hebat. And ya, sesudah itu dia langsung disamperin sama beberapa mentor, termasuk mentor cewek yang sinis yang langsung ngeliatin dia terus-terusan. Gilaaa! Itu hiburan keren banget menurut gue! Ketauan banget ya gue orang Indonesia-nya, demen ngeliat hal-hal negatif. Hahaha.   

Hari ketiga ada faculty day di mana kita jalan-jalan ke fakultas masing-masing. Gue ke lantai 5, fakultas sastra. Dengerin dekannya ngomong, terus akhirnya dipisah jadi masing-masing jurusan. Dosen PA gue namanya Miss Sherien. Miss Sherien belakangnya jangan ditambahin Sungkar yaaa, nanti jadi "Sherien Sungkar" HAHAHA #tarakdungces! Miss Sherien ini kalau ngomong mirip Diana Rikasari, beneran deh. Imut tapi jelas gitu. Terus dia ngejelasin gimana nanti selama kuliah, peraturan-peraturannya, yah intinya perkenalan gitulah. Nggak terasa faculty day-nya selesai dan balik lagi ke auditorium. And it was time for lomba yel-yel yang gue bingung mau nyeritainnya gimana. Pokoknya kesimpulannya cuma beberapa kata ini aja: "SEBELAS...! HU! SEMEREKETE HA! HU HA!" "SEBELAS...! ALLOWA! SAMEA!" Nggak ngerti kan? Sama, gue juga. 

Hari terakhir yaitu kemarin juga nggak kalah seru dengan hari-hari sebelumnya. Ada ibu-ibu dari BNN yang tau-tau nyuruh kita ngisi surat pernyataan setuju untuk tes urine. Wait, what? Gue tadinya nggak mau tanda tangan karena agak ragu (dan takut juga) dengan tes urine. Dan juga gue lagi dapet, entar kalau urine-nya kecampur bahan lain hasil tesnya jadi ngaco lagi. Tapi katanya nggak papa, yaudah gue kencing aja. Selesai tes, pas balik lagi ke auditorium, tiba-tiba di panggung udah ada seorang cowok muka-muka Papua. Pada saat itu emang si ibu-ibu BNN nyuruh para maba maju ke depan dan cerita tentang narkoba. Ternyata eh ternyata, si muka Papua ini orang Afsel alias Afrika Selatan! Gue sempet nggak percaya dia orang Afrika. Tapi setelah dia mulai ngomong bahasa Indonesia dengan susah-payah, akhirnya gue percaya dia asli African. Kalian jangan ngebayangin muka-muka Afrika yang item legam gitu. Si Ammaar (nama panjangnya ada di daftar CMB) kulitnya nggak item, lebih ke cokelat-cokelat terang gitu. Mukanya juga nggak serem, hidungnya nggak gede. Malah kalau menurut gue dia tergolong manis. Serius ini gue. Nanti deh kapan-kapan kalau gue ada kesempatan ngobrol sama dia gue fotoin orangnya. Kebetulan dia anak Teknik Informatika, seinget gue fakultas teknik satu lantai sama sastra jadi mungkin bisa ketemu. Terus si Ammaar ini cerita tentang dia waktu di Afrika, gimana dampaknya setelah dia masuk geng dan jadi nggak bener. Enak deh dengerin dia cerita. Tapi yang bikin gue kesel adalah di panggung nggak cuma ada dia doang, terus tiap kali dia lagi cerita serius, diselak mulu sama anak-anak lain. Gue liatin mukanya si Ammaar rada kesel gitu tiap lagi cerita digangguin terus. Mana diajarin ngondek lagi sama maba yang (yah tentunya) ngondek. 

Ngomong-ngomong ngondek, tiap angkatan mah ada aja ya anak yang kayak gitu. Ada kejadian yang menurut gue lucu banget. Jadi ada salah satu mentor yang dengan hinanya berwajah ganteng. Gue nggak mau ngasih tau namanya karena gue nggak mau bikin dia tambah terkenal dengan memasukkan namanya di blog gue. Pokoknya dia ganteng. Emang dari pertama kali ngeliat dia gue udah langsung tau kalau dia ganteng (?) Mukanya muka komik gitu. Terus dia kemana-mana pake masker terus. Gue berasumsi bahwa itu adalah trik dia untuk nyembunyiin muka gantengnya karena dia tau dia ganteng. Hih. Dasar. Untung ganteng, kalau nggak... ya nggak papa sih suka-suka dia mau ngapain kalau nggak ganteng. Terus kan di atas panggung itu ada maba yang ngondek itu--kita sebut saja Bogor. Si Bogor lagi meragain gaya melambai ke si Ammaar. Eh tiba-tiba pada nyuruh si Mentor Ganteng itu maju buat ikut meragain. Akhirnya berjejer beberapa mentor, di depannya berdirilah si Bogor, nyontohin gerakan melambainya itu. Pas si Bogor ngomong "uscita", si Mentor Ganteng langsung jijik geli gitu sambil geterin badannya. Gue ngakak banget ngeliatnya. Di sisi lain gue juga bersyukur karena si Mentor Ganteng obviously normal. Fiuuuh. FYI si Mentor Ganteng anak sastra lhooo. Bahahaha. Gue pas tau dia anak sastra langsung sesumbar sama temen sekelompok gue. Ah iya, ada satu lagi kejadian di mana kita semua lagi duduk gitu nungguin acara selanjutnya. Tiba-tiba si Mentor Ganteng itu lewat di depan dan kalian tau apa yang terjadi? Semua cewek itu kepalanya sama-sama nengok ngikutin ke mana dia pergi! Hahaha! Gue bukannya ngeliatin si Mentor Ganteng malah ngeliatin anak-anak cewek yang kepalanya barengan gitu geraknya. Sumpah lutju banget lutju. 

Akhir acara ya seperti biasa foto-foto dan salaman sama para mentor. Nggak kok, nggak, gue nggak salaman sama si Mentor Ganteng. Kan bukan mahram-nya, jadi nggak boleh. Hahaha. Tapi ada aja sih yang berani nempelin tangannya terus minta selfie bareng gitu. Kalau gue sih kalau foto bareng gitu gue langsung kasih liat ke Nyokap gue dan bilang, "Nih, Mah, calon." Bahahaha. Eyyy kelompok 11 juga foto-foto lhooo. Fotonya pake kamera GoPro. Hahaha sumpah gue norak banget ya nggak di Instagram nggak di sini ngomongin GoPro mulu. Abis emang gue sempet kepengen nitip sama Bokap kamera itu, soalnya kameranya kecil, bisa buat video dan foto, dan gambarnya itu cembung-cembung gitu. Eh tapi pas kemaren ngeliat gimana cara makenya, rada ribet juga mesti diliat di HP. Ah tapi nggak papa karena bukan itu pokok permasalahannya. Yang penting kita-kita punya foto bareng. Yay!

Kalau ada yang nyari gue, tuh gue di belakang tuh. Belakang masjid.
Haaah finally selesai acara pra-mahasiswa! Lumayan dapet kenalan baru. Entar kalau udah kuliah, kalau papasan teriak aja "ALLOWAAA!", insya Allah langsung nengok. Or at least angkat alis aja juga cukup kok.

Ah, selesai sudah postingan pertama tentang lingkungan kampus. Senin udah mulai belajar. Jadwal kuliah udah dapet. Kampret banget jadwalnya, hari Senin matkul pertama jam setengah 8. Alamat mesti bangun pagi dan bermacet-macet ria. Terus matkul kedua jam setengah 2. Jauh banget jaraknya. Awalnya agak kaget sih dapet jadwal kayak begini, mana ada yang sampe jam 5. Tapi ya selama ada novel, buku coret-coret, laptop beserta wi-fi, dan apapun yang bisa membunuh waktu nunggu, I think it'll be fine. 

So once again, thank you Guys for these four crazy days! Mungkin selama empat hari ini kalian ngeliat gue kayak cewek jutek yang diem-diem boker. Ya maaf ya kalau muka gue jutek. Emang cetakannya begini dari tahun 96. Oh iya, terima kasih juga untuk kak Omen dan kak Nabila selaku mentor kelompok 11. Kalian luar angkasaaa~~~

Yowis udahan ya. Sammeaaa!

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall