Sunday, May 29, 2016

Sayonara Panas

Sebelum memasuki tulisan ini, izinkan gue untuk mengheningkan cipta sejenak atas hilangnya HP gue sekitar seminggu lebih tiga hari yang lalu. Ya, HP gue yang itu. Yang sempat gue bikin review di sini, yang panas, yang baru dipegang sama gue selama kurang lebih tiga bulan, yang sudah gue rencanakan akan menjadi sahabat gue untuk hunting foto atau video.

Dan yang tidak akan pernah kembali lagi ke tangan gue.

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Yah, jadi seperti yang gue jelaskan secara dramatis di atas, HP gue baru aja hilang. Nggak baru sih, udah dari semingguan yang lalu. Di mana hilangnya? Ow ow ow, tidak lain tidak bukan tempat kejadian perkaranya adalah di kopaja. Hahaha. Buat yang belum tau, begini kronologisnya. Waktu itu gue naik kopaja di pagi hari, setelah berhari-hari sebelumnya gue naik transjakarta terus. Pagi itu gue ada kelas dan gue inget jalanan Sudirman masih agak lengang kalau jam-jam pagi. Berakhirlah gue di dalam kopaja. Duduklah gue di sana, walaupun seperti biasa penuh orang-orang yang berdiri juga. Tas gue pangku di depan, gue peluk seperti biasa. Sebelah gue--gue inget banget--duduk laki-laki pakai hoodie hitam lagi nundukkin kepala. Hal biasa, pikir gue. Gue mulailah lihat-lihat jalanan, orang-orang yang naik-turun.

Skip cerita, gue turun dari kopaja pas di depan Al Azhar. Tumbenan. Gue turunlah, dan disambut sama Dhila yang juga baru turun dari transjakarta. Gue jalan berdua dengan semangat yang minim banget karena itu satu-satunya kelas yang nggak pernah gue datangi dengan rela. Pagi banget cuy. Masuk kelas ternyata udah rame anak-anak dan kak Filzah, yang langsung menggembar-gemborkan perihal sesuatu yang enak-di-dia-nggak-enak-di-gue. Pokoknya itulah. Abis selesai ngobrol-ngobrol, gue langsung ngecek tas gue, niatnya mau ngambil HP. Voila, udah ketebak dong gimana selanjutnya.

Panik, gue coba cek ritsleting belakang, kali aja gue lupa naro karena kadang-kadang gue suka begitu. Nggak ada juga. Gue cek lagi, sambil ngomong ke anak-anak kalau HP gue nggak ada. Gue pinjem HP Tya buat nyoba missed-call, barangkali masih ada harapan kalau itu HP jatoh dan ditemuin sama orang baik yang nggak berniat untuk langsung meluncur ke Roxy Mas.

'.....nomor yang Anda tuju sedang sibuk atau berada di luar akses area......'

Pagi itu bisa disimpulkan HP gue secara resmi hilang digondol orang.

Setelah nangis di kamar mandi selama dua menit 

Setelah itu, gue mencoba untuk mengingat kembali kira-kira di mana persisnya itu HP bisa pindah tangan dari tas gue. Balik lagi ke saat gue lagi asyik liatin jalan, bus gue udah sampai Benhil waktu itu. Gue inget ada beberapa orang yang turun di situ. Abis itu bus jalan lagi dan nggak lama udah sampai Polda aja. Di GBK, orang di sebelah gue turun. Terus... terus... terus, sampai gue udah mau nyampe Al Azhar. Gue siap-siap turun di pintu belakang dan ada beberapa orang yang siap-siap mau turun juga. Ada satu bapak-bapak berdiri di depan gue. Gue pikir si bapak ini mau turun juga. Terus di belakang gue ada yang nanya 'mau turun juga' gue jawab 'iya'. Pas udah di depan Al Azhar, si bapak itu nggak turun ternyata, malah dia ngejatuhin sesuatu dan kopaja gue terpaksa jalan lagi. Gue bilang kalau gue mau turun, dan akhirnya gue turun agak jauh dari pintu gerbang Al Azhar. Gue ketemu Dhila yang baru turun juga dari transjakarta, blah blah blah, sampai akhirnya gue sadar kalau HP gue udah nggak ada.

Ada banyak kemungkinan tapi yang paling mungkin adalah gue kena hipnotis. Teman-teman gue juga bilang begitu. Karena ritsleting tas gue tetep ketutup rapat pas gue cek di kampus. Kalau gue masih kepikiran bapak-bapak yang mau turun di Al Azhar itu. Soalnya, yang siap-siap mau turun juga sambil nanya ke gue itu, pas gue liat ternyata nggak ikut turun! Seems legit... Tapi percayalah, biar bagaimanapun, mau berspekulasi kayak gimana juga tetep aja itu HP nggak bakal balik. Yang ngambil juga kagak bakal ngeh kalau lagi kita omongin di sini.

Well, begitulah. Musibah kadang datang dengan cara yang nggak keduga. Selama ini gue nggak pernah tahu (atau bahkan paham) gimana rasanya dicopet. Sekarang gue jadi tau. Ndak enak. Abis itu aja gue masih kebayang-bayang sama HP gue. Ditambah lagi itu bukan barang yang gue beli dengan uang sendiri alias dibeliin. Nggak enak rasanya kalau kita udah dibeliin sesuatu, tapi malah nggak dijaga baik-baik. Nggak bisa ganti pula. Sedi hati adek, Bang. Gue bilang ke Nyokap kalau itu barang gue beli pakai duit gue, duit tabungan atau hasil dari ngerjain sesuatu, gue ikhlas kagak pake nangis-nangis karena itu duit gue, barang gue, hilangnya karena gue, dan kerugiannya ya cuma buat gue.

Intinya yah, mungkin ini sentilan juga buat gue. Entah selama ini kualitas dan kuantitas ibadah gue masih kurang, atau gue kurang beramal--seperti kata Zaky, atau gue masih kurang bersyukur, atau mungkin memang gue-nya aja yang nggak pantes megang barang canggih. Hahaha. After all it's just a thing, you know, bukan sesuatu yang sakral atau vital. Toh gue masih tetep bisa hidup kan tanpa benda itu? :)


P.S.: Jangan kasih tau Bokap gue ya.

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall