Monday, April 16, 2018

Review: Because This is My First and the Wisest K-Drama

berjudul: Because This Is My First Life.

Drama ini adalah rekomendasi dari Dila dan Andi. Nontonnya juga udah lumayan lama, sih, sekitaran bulan November kalau nggak salah. Sebelumnya gue memang pengin nulis ulasan drakor gitu, tapi bingung mau nulis yang mana. Dan, takutnya nanti jadi ulasan panjang-lebar-nan-subjektif kayak drakor Goblin waktu itu. Akhirnya, daripada gue nulis curhatan seorang young adult yang sedang mengalami krisis motivasi untuk menyelesaikan kuliahnya, mending gue nulis ulasan lagi aja.

Sedikit keluar dari topik kita hari ini, alasan gue mau nulis ulasan juga karena waktu itu gue lagi iseng liat daftar drama-drama yang lagi tayang gitu di kissasiancom. Pas klik beberapa, ada satu komentator yang selalu ada di setiap drakor bagus. Dan dia selalu ngasih semacam sinopsis gitu. Gue rasa dia ngebantu banget karena kita kan nggak tau ya gimana dramanya sebelum nonton, kalau ternyata nggak seru sayang aja gitu buang-buang tenaga. Maka daripada itulah, gue jadi pengin ikutan nulis ulasan kayak dia yang agak lebih panjang di sini.

Jadi, drama persembahan tvN ini (gue selalu suka drama-dramanya tvN, selain karena ceritanya, sinematografinya juga bagus) bercerita tentang kehidupan rangorang koreya di usia 20an akhir. Ya, udah masuk 30 awal, sih, sebenernya. Dan di usia ini mereka mulai dihadapkan sama satu masalah kehidupan yaitu: menikah.

Image result for because this is my first life poster
Mz Se Hee dan mb Ji Ho dan Woori (sumber: soompicom)

Ceritanya dibagi tiga, dan diwakilin oleh tiga pasangan. Semuanya masih seputar pernikahan dengan segala tetek-bengeknya masing-masing. Nah, pasangan utamanya di sini adalah mz Se Hee dan mb Ji Ho, dua orang yang nggak saling kenal tapi akhirnya kenal juga karena ya kalau mereka nggak saling kenal ceritanya nggak jalan dong. Mereka ini ketemu karena Ji Ho butuh sewa kamar murah dan Se Hee butuh duit buat bantu ngelunasin rumahnya. Akhirnya, berkat bantuan teman-temannya, mereka pun tinggal bersama (ya tentunya dengan beberapa insiden tambahan).

Awalnya, gue rada skeptis sama awal cerita yang kayak begini. Klise gitu, sih. Tapi berhubung si mz Se Hee ini lucu sekali mukanya (apalagi kalau dia lagi clueless dan kagum gitu), jadi ya kulanjutkan saja nontonnya. Nah, ketika mereka tinggal bareng, dua-duanya ternyata adalah tipe orang yang sama. Se Hee orangnya rapi, bersih, gemar mendaur ulang sampah (entah kenapa gue ngerasa ini di-highlight banget di dramanya, kayak semacam kampanye terselubung untuk selalu memisahkan sampah-sampah yang ada di rumah), dan suka kucing (!!!). Sedangkan Ji Ho punya kebiasaan bebenah dan beberes kalau lagi di rumah (lebih lucu lagi, kalau dia lagi stres nulis, escape-nya justru bebenah, bukan main atau makan atau apalah (seandainya gue juga begitu kalau lagi nulis)). Maka keduanya pada akhirnya dianggap saling menguntungkan.

Karena keuntungan inilah, mereka melihat adanya peluang untuk... menikah.

Ini yang menurut gue bikin ceritanya jadi menarik. Dua orang ini sama sekali nggak pernah punya pikiran untuk menikah, bahkan Ji Ho sama sekali belum pernah pacaran, tapi karena situasi mereka saat itu win-win-solution, ya, kenapa nggak? Konsep gue-menikah-karena-gue-butuh ini dijunjung tinggi oleh mz Se Hee. Setelah ngeliat Ji Ho dan kebiasaan bersih-bersihnya, Se Hee ngerasa bahwa kalau suatu hari dia harus menikah, maka Ji Ho lah pasangan yang tepatdan dibutuhkan. Se Hee yang seorang pekerja butuh orang untuk ngurus rumah (dan kucingnya), sedangkan Ji Ho yang nggak punya rumah butuh rumah dengan harga sewa murah. Walaupun awalnya hal ini sempat ditentang sama Ji Ho yang bilang bahwa orang menikah itu ya karena cinta dan kasih sayang, tapi lama-lama Ji Ho merasa kalau Se Hee ada benernya juga. Dan akhirnya Ji Ho pun nggak keberatan kalau harus menikah sama Se Hee demi bisa tidur dengan aman dan nyaman.

Berhubung drama koreya itu grafik tensi ceritanya adalah naik-turun-naik-turun dengan tajam, maka, setelah satu masalah selesai, muncullah masalah lainnya: mereka pikir menikah itu gampang, ternyata nggak. Walaupun mereka nggak ke KUA (registered tuh ya sama aja kayak ke KUA kan yah?), tetep ada konflik internal antara anak dan orang tua. Tapi bukan masalah restu, sih, karena pada dasarnya umur mereka yang udah 30an memang harus segera menikah. Lebih ke perasaan masing-masing orang tua ngeliat anaknya menikah.

Gue paling suka bagian ibunya Ji Ho ngasih surat ke Se Hee sebelum acara resepsi pernikahan dimulai. Isi suratnya cuma sedikit nyeritain Ji Ho sebagai anak perempuan satu-satunya, dan permintaan ibunya Ji Ho ke Se Hee untukquoted"...if she ever wants to write again in the future, please don't let her give up on her dream." Selain itu, yang bikin sedih adalah, walaupun pernikahannya bohongan, walaupun mereka haiqul yaqin pernikahan ini bisa dilewati dengan mudah, ternyata realitanya nggak begitu. Ji Ho yang bilang nggak bakal nangis, akhirnya nangis juga. Karena ya gimana ya, namanya nikah pasti kan ada sedih-sedihnya (maksudnya sedih karena udah lepas dari orang tua (eh tapi ogut belum ngerasain rasanya nikah jadi pernyataan ini tidaklah valid))meskipun dalam kasus ini nikahnya bohongan.

Sisa ceritanya jauh lebih seru lagi. Ide tentang pernikahan yang dijalani sama Se Hee dan Ji Ho mulai kabur seiring perasaan cinta dan kasih sayang yang mulai muncul (ya gimana nggak baper kalau tiap hari ketemu terus di rumah plus, dua-duanya adalah tipe orang yang sama). Mereka pun jadi mempertanyakan lagi segala sesuatunya: apa iya menikah bisa murni cuma untuk memenuhi kebutuhan masing-masing (rumah dan ngurus rumah)? Apa iya menikah itu cuma buat nyari keuntungan aja? Apa iya menikah itu nggak perlu pakai embel-embel cinta?

Image result for because this is my first life


Nah, selain cerita mz Se Hee dan mb Ji Ho, ada juga cerita dua pasangan lainnya: Won Seok - Ho Rang dan Sang Goo - Soo Ji. Dua pasangan ini juga masalahnya nggak jauh-jauh dari pernikahan. Won Seok dan Ho Rang udah pacaran selama tujuh tahun (busyet) tapi belum nikah-nikah juga. Si mb Ho Rang sebenernya udah ngebet dan siap banget untuk menikah dan jadi ibu rumah tangga (karena itu impiannya). Sayangnya si mz Won Seok ini ngerasa bahwa dia belum financially stable untuk bisa menjamin Ho Rang di kehidupan rumah tangga nanti. Rumahnya aja di rooftop, kerjaannya belum terlalu mapan. Akhirnya terjadilah konflik antara dua orang ini dan mereka pun berusaha untuk menyelesaikannya.

Pasangan yang lainpasangan yang paling gue sukaadalah Sang Goo dan Soo Ji. Sang Goo suka sama Soo Ji, dan mau serius sama dia. Tapi Soo Ji yang seorang wanita karir nggak mau terlalu serius dalam suatu hubungan. Sebenernya kalau gue liat, pasangan ini konflik percintaannya nggak terlalu rumit. Justru yang gue suka adalah bagaimana Soo Ji yang cita-citanya pengin jadi bos, harus berakhir sebagai pegawai perempuan di kantor besar dan sering dimanfaatin untuk ngerjain ini-itu. Terlebih lagi karena dia termasuk dalam kaum minoritas, dia sering dilecehkan secara verbal. Nah, mz Sang Goo sebagai lelaki sejati nggak suka ngeliat Soo Ji nerimo aja dilecehkan begitu sama atasannya. Tapi buat Soo Ji, ini sah-sah aja karena, ya mau gimana lagi, gue cuma pegawai bawahan cuy, kalau nggak begini gue nggak akan bisa memertahankan karir gue. Akhirnya terjadilah konflik antara dua orang ini dan mereka pun berusaha untuk menyelesaikannya.

Hm, udah lumayan panjang, ya.

Secara keseluruhan, gue suka drama ini karena ada cukup banyak pemikiran dan pandangan yang nggak jauh beda sama lingkungan di sini (Indonesia). Bagaimana pernikahan jadi sesuatu yang penting banget dibandingkan hal-hal lain, bahkan di zaman modern kayak gini. Ada satu scene waktu Se Hee dan Ji Ho memutuskan untuk nggak bikin acara resepsi. Bapaknya Se Hee menentang ini dan langsung dibales dengan (kurang lebih intinya), "Ayah pengin ada acara resepsi cuma buat nunjukkin ke temen-temen dan keluarga Ayah kalau anak Ayah terdidik dengan baik, kan? Ini cuma alat buat pamer, kan?" Gue pikir ini bener banget, dan di sini pun ada yang kayak begitu. Mungkin bukan masalah mendidik, tapi masalah prestise dan gengsi orang tua. Kalau nggak ada resepsi, entar nggak ketauan kalau udah nikah. Entar diomongin, entar begini, entar begitu. Haaahhh pusing aku.

Loh, kenapa gue yang pusing?

Gue merasa drama ini (mungkin ya) kayak ngasih pandangan baru tentang gimana sih kehidupan orang-orang di zaman sekarang, apa masih bisa terus ngikutin tradisi orang zaman dulu atau nggak. Meskipun pada akhirnya dua pemikiran ini, pemikiran lama dan modern, tetep bisa bertahan dan berjalan dengan baik. Itulah kenapa gue sebut drama ini the wisest.

Selain itu, yang gue suka juga adalah cara Se Hee dan Ji Ho mendiskusikan segala hal yang bersangkutan dengan mereka. Semuanya selalu berdasarkan persetujuan masing-masing dan logika (mungkin karena Se Hee-nya orang IT ya). Gue seneng tiap kali mereka diskusi dan... enak aja gitu ngeliatnya semuanya tuh selalu terencana, rapi, dan ada persetujuan dari dua pihak. Nggak cuma berdasarkan perasaan tapi diliat dari segi kebutuhannya juga.

Oh, satu lagi. Karakter yang paling gue suka di sini adalah siapa lagi kalau bukan mz Se Hee. Sebenernya gue suka cara dia mengekspresikan sesuatu, sihwhich is jarang banget. Mukanya dataaar banget. Mau lagi seneng, lagi sedih, tetep aja datar, walaupun diem-diem dia sebenernya punya cara buat nunjukkin perasaannya. Perkembangan karakternya juga nggak terlalu mendadak kayak drama-drama lain (taulah, yang hari ini bilang saranghae besokannya minta dikejar, terus minggu depan saranghae lagi, besoknya tiap ditelepon nggak dijawab-jawab haaahhh). Mungkin karena pada dasarnya Se Hee ini tipe pendiam, jadi nggak terlalu kentara perubahannya. Kalau karakter yang lain... mungkin si mz Sang Goo karena dia tipe cowok kampret tapi punya rasa hormat setinggi langit sama perempuan. Cara dia nge-treat Soo Ji juga yang bikin lucu, sih, macem Dilan kalau udah tuwir gitu (?)

Demikian ulasan drakor hari ini. Percayalah, gue nulis ini sambil kepikiran skripsi gue yang masih belum gue lanjutin sampai sekarang. Gue bahkan rasanya pengin analisis drama ini buat skripsi, tapi sayangnya aku anak Sastra Inggris, bukan Sastra Korea huhuhu. Baiklah kalau begitu, mari kita sudahi postingan ini dengan segera membuka file skripsi dan melanjutkan penelitian membaca hamdalah. Alhamdulillaah. Ciao!

No comments

Post a Comment

© based on a true story.
Maira Gall